Kerukunan Antar Umat Beragama di Sumut Baik

jabat tangan Kerukunan Antar Umat Beragama di Sumut BaikMedan, (Analisa). Tingkat kerukunan umat beragama di Sumut masih baik, hal itu dibuktikan dengan minimnya konflik anta penganut agama.

Demikian dikatakan, Ketua Umum Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Sumut, Dr. H. Maratua Simanjuntak, Rabu (27/7) pada Dialog kerukunan Antarumat Beragama yang digelar Universitas HKBP Nommensen Medan bekerjasama dengan United Evangelical Mission Communion of Churches in Three Continents (UEM) di ruang perpustakaan Universitas HKBP Nommensen Medan.

Ia menambahkan, hubungan sesama umat harus dilandasi toleransi, saling pengertian, saling menghormati, menghargai kesetaraan dalam pengamalan ajaran agamanya. Penganut agama apapun bisa saling bekerjasama dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

Pada masa kepemimpinan Muhammad SAW umat non Muslim juga dilindungi. Hal itu terlihat dengan adanya perjanjian zimmah yang berisi ikrar non atas dasar agama mereka dan perolehan perlindungan serta penjagaan dari masyarakat Islam dengan syarat mereka memberikan jizyah (pajak kepada negara)

Kerukunan dalam pandangan Islam adalah hal yang penting dikembangkan dan dipelihara. Islam tidak menghendaki adanya kekerasan namun kedamaian dan keharmonisan, tandasnya.

Sementara itu, Ketua Umum Persekutuan Gereja Indonesia (PGI) Sumut, Pdt. Dr. Jamilin Sirait menjelaskan, kerukunan antar umat beraga di Sumut sempat terusik dengan beberapa kasus pembakaran terhadap gereja di Tapsel. Padahal sejak dulu hubungan antar penganut agama sangat rukun bahkan saling membantu.

Baca Juga :  Kabut Asap Selimuti Tapteng - Garuda dan Wings Air Batalkan Penerbangan

Namun dengan adanya insiden tersebut harus dicari tahu akar persoalannya. Ia menduga adanya sekelompok orang dari luar daerah itu yang ingin mengusik kerukunan antar umat beragama di daerah Tapsel.

Guna mengantisipasi hal-hal tersebut, maka dialog tentang kerukunan antar umat harus lebih sering dilakukan, bahkan dialog-dialog itu harus sampai ketingkat grass root. (iqb)

analisadaily.com

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 10 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*