Kerusuhan Hutagodangmuda Banyak Kejanggalan

PANYABUNGAN -Tim pencari fakta (TPF) DPRD Sumut terkait kerusuhan Hutagodangmuda di Cam PT Sorikmas Mining (SMM) Tor Sihayo pada 29 Mei, mengatakan banyak menemukan kejanggalan dan ketidakpatuhan terhadap aturan.

“Kita saat ini terus melakukan pendalaman di semua sektor terkait tragedi Hutagodangmuda, baik menyangkut legalitas PT SMM muapun sebab akibat motif terjadinya kerusuhan,” ujar Ketua TPF DPRD Sumut, Eddi Rangkuty, tadi malam.

Untuk itu, TPF akan melakukan pendalaman masalah lebih lanjut dengan melakukan pertemuan rapat dengar pendapat (RDP), dengan sejumlah elemen di pusat mulai dari DPR RI, Kementerian ESDM, Kapolri dan pihak yang dianggap perlu.

Dari hasil pendalaman itu, selanjutnya TPF mengambil kesimpulan yang dituangkan dalam rekomendasi tim. Rekomendasi TPF akan diumumkan pada 29 Juli 2011.

Supaya hasil rekomendasi TPF memiliki hasil maksimal yang berdampak positif bagi semua pihak, TPF meminta semua elemen maupun pihak yang memiliki, saran, informasi dan data supaya berkomunikasi dengan TPF.

Dijelaskan Eddi Rangkuty, saat bertemu dengan Kementerian ESDM di Jakarta, baru-baru ini, TFP DPRD Sumut sangat kecewa dengan sikaf Kementerian ESDM yang terkesan tidak perduli terhadap kasus antara warga Kabupaten Mandailing Natal dengan PT SMM.

Selain tidak memiliki konsep solusi atas permasalahan, Kementerian ESDM mengaku belum mengetahui persoalan yang terkadi karena belum mendapat laporan dari Dirjen Mineral dan Batubara.

Baca Juga :  Proyek Drainase Pemprovsu Asal Jadi

Pansus PT SMM DPRD Madina saat ini tidak berjalan karena ketiadaan dana. Hal itu diakui Ketua Tim Pansus PT SMM dari DPRD Madina, Riady Husnan.

Dijelaskan, pansus sudah mengajukan anggaran Rp500 juta. Hanya saja angka tersebut diprediksi masih berkurang, dan kemungkinan baru bisa di tampung dalam P-APBD mendatang.

Mengenai hasil kerja pansus, Riady mengatakan, pihaknya belum bisa mempublikasikan karena masih dalam tahap pengembangan dan pendalaman. Namun, pihaknya menegaskan hasil pansus PT SMM itu nantinya akan diumumkan secara resmi.

Sumber: waspada.co.id

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 9 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*