Kesalahan bersolek yang perempuan kerap lakukan

Jakarta – Para perempuan kerap melakukan kesalahan-kesalahan dalam rutinitas bersolek. Kesalahan ini mulai dari mencuci rambut terlalu teratur hingga mengenakan lipstik secara berlebihan.

Di Inggris sendiri, berdasarkan sebuah studi yang dilakukan pihak dari laman Hairtrade.com pada perempuan berusia 25–40 tahun, diketahui 9 dari 10 perempuan melakukan kesalahan dalam berdandan setiap hari.

Berikut ini terdapat beberapa kesalahan dalam berdandan yang kerap perempuan sebagaimana dilansir Female First:

1. Mengobati rambut “frizzy”
Rambut kaku, kusut dan kering atau disebut frizzy yang sulit diatur adalah musuh hampir semua perempuan, terutama di musim panas. Namun, kebanyakan orang tidak menyadari, rambut yang dehidrasi merupakan akar dari masalah ini. Untuk memperbaiki kondisi ini, coba lakukan perawatan menggunakan kondisioner rambut secara teratur. Saat menata rambut, coba gunakan beberapa tetes serum untuk menghilangkan kekusutan rambut. Juga, jauhi alat-alat penata rambut yang menghantarkan panas. Namun, jika Anda sulit melakukannya, pastikan untuk menggunakan sprei yang melindungi rambut dari panas secara teratur.

2. Menggambar alis berlebihan
Memiliki alis yang besar, seringkali membuat Anda tergoda menambahkan sedikit goresan lagi di alis dengan pensil alis Anda. Namun, hati-hati, alis yang Anda gambar jangan sampai terlihat seperti dua peluru yang menempel di dahi Anda. Untuk tampilan lebih baik, coba taburkan bedak pada pensil alis Anda. Kemudian, pastikan jangan terlalu dekat dengan cermin saat memakai riasan untuk melihat keseluruhan bentuk alis Anda.

Baca Juga :  10 Kiat Bebas Gangguan Pencernaan

3. Bibir belepotan
Lipstik dapat mencerahkan wajah dan membuat Anda terlihat cantik saat pertama kali Anda mengenakannya. Namun, pastikan lipstik yang Anda gunakan tidak berlebihan sehingga bentuk bibir Anda tetap terjaga. Mengoles lipstik di wajah Anda tak akan pernah menghasilkan tampilan yang baik. Jadi, cobalah pakai bubuk berwarna terang pada bibir setelah Anda mengenakan lipstik. Bubuk ini akan membantu lipstik menempel di bibir, serta membuat bibir Anda terlihat alami dalam jangka waktu lebih lama. Selanjutnya, semprotkan sedikit sprei pada wajah Anda sebelum meninggalkan rumah untuk menjaga riasan.

4. Terkecoh warna foundation
Perhatikan warna alas bedak sebelum Anda mengenakannya. Beberapa perempuan suka menambahkan garis dasar foundation berwarna oranye di sekitar lehernya. Namun, ini justru membuat mereka terlihat ceroboh dan jorok. Kemudian, cahaya lampu di toko kerap membuat Anda terkecoh dalam memilih warna foundation. Ingat, saat mencoba satu warna foundation tertentu di toko, Anda melihat warna di bawah cahaya lampu, yang mungkin dapat berubah saat Anda keluar dari toko.

5. Berlebihan mengobati bintik di wajah
Sangat mudah untuk panik, saat Anda melihat bintik di wajah, misalnya jerawat. Namun, mengenakan krim pada setiap bintik di bawah matahari justru akan menyumbat kulit Anda. Pengobatan terbaik untuk mengurangi bintik di wajah ialah tak usah mengenakan riasan dan biarkan wajah Anda bernafas. Bintik seringkali merupakan tanda pori-pori mengalami penyumbatan, jadi berhentilah sementara mengenakan riasan untuk mengistirahatkan wajah Anda. Di samping itu, mengenakan masker wajah seminggu sekali dapat membantu mencegah bintik-bintik muncul serta dapat membuat kulit Anda terlihat segar.

Baca Juga :  3 Penyebab utama Kanker Kulit yang Harus di Waspadai

6. Keramas setiap hari
Kebanyakan orang percaya, keramas setiap hari akan membuat rambut mereka berada pada kondisi terbaik. Namun, mereka salah. Keramas setiap hari berarti Anda melucuti minyak alami dari rambut dan ini berbahaya. Ketimbang keramas setiap hari, cobalah keramas pada keesokan harinya setelah keramas terakhir dan secara bertahap luruskan rambut tiga hari setelah keramas. Jika khawatir rambut Anda akan terlalu berminyak, gunakan sampo kering (yang pemakaiannya tidak perlu dibilas).

/ (ANTARA News) – Penerjemah: Lia Wanadriani Santosa

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 6 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*