KETA KU SIPIROK (bag-5): PERANG PERNYATAAN

Oleh: Shohibul Anshor Siregar *)
Bagian #5 dari 7 Tulisan
Baca bagian sebelumnya:

Tidak begitu jelas sikap Bupati Ongku Parmonangan Hasibuan. Apakah karena surat Ketua DPRD Sumatera Utara dan Gubernur Sumatera Utara itu bersifat amat normatif hingga memang harus diabaikan saja oleh Bupati Tapanuli Selatan Ongku P Hasibuan? Tidak ada yang tahu, yang jelas Wakil Bupati Aldinz Rapolo Siregar sudah kadung bertindak: pindah kantor ke Sipirok untuk memenuhi kemauan Undang-Undang.

Dengan ketidak-jelasan sikap Bupati, dan ditambah dengan pecah-kongsinya pemerintahan Tapanuli Selatan, maka masyarakat pendukung Sipirok Ibukota Tapanuli Selatan semakin memanas.

Telaahlah barang sekilas saja. Surat ini bukan “pandelean” (frustrasi) apalagi agitasi. Tak harus diterjemahkan lain kecuali Ajuan Aspirasi yang mustahak.

Kami masyarakat Kabupaten Tapanuli Selatan yang berada di Bonapasogit dengan ini menyatakan sikap sebagai berikut (1) Saudara Bupati Tapanuli Selatan untuk segera melaksanakan pemindahan ibukota Kabupaten Tapanuli Selatan ke Kota Sipirok sesuai dengan UU No 37 Tahun 2007 selambat-lambatnya tanggal 10 Pebruari 2009; (2). Apabila saudara Bupati tidak melaksanakan, maka masyarakat Kabupaten Tapanuli Selatan dengan ini menyatakan (a) Bahwa Bupati Tapanuli Selatan Ir H Ongku Parmonangan Hasibuan tidak mampu melaksanakan amanat UU no 37 Tahun 2007, khususnya pasal 21 dan untuk itu kami mencabut dukungan terhadap Saudara Bupati Tapanuli Selatan (b) Bahwa kami masyarakat Kabupaten Tapanuli Selatan akan bertindak segera memindahkan pusat pemerintahan ke Kota Sipirok sesuai UU No 37 Tahun 2007.

Baca Juga :  HOT FOTO - Alter Bridge Konser di Ancol

Pernyataan itu dibuat tanggan 27 Desember 2008 yang ditandatangani oleh wakil-wakil masyarakat di semua Kecamatan yakni Siddik Suherman, Hamdani Siregar, Syahrum Pohan, Abdul Muis Pasaribu, Asmara Darma, Bayasid Siregar, Pardomuan, Sarpin, James Siregar, Bahrum, H.A.Syamsir dan lain-lain.

Menjelang pemilukada tensi politik pun semakin menghangat. Isyu Ibukota Tapanuli Selatan dijadikan sebagai pokok resistensi kepada Ongku dan dengan perpaduan Aldinz Rapolo Siregar dan Syahrul M Pasaribu, pemilukada Tapanuli Selatan sudah kita ketahui hasilnya. Pasangan pemenangn Syahrul M Pasaribu dan Aldinz Rapolo Siregar pun dilantik. Mereka akan berhadapan juga dengan resisntensi yang sama jika tak sungguh-sungguh soal ibukota Sipirok.

(bersambung)

Baca kelanjutannya:

  • KETA KU SIPIROK (bag-6): SIMBOL PENYATUAN?
  • KETA KU SIPIROK (bag-7): APA KATA BIROKRAT (release: 04 Januari 2010)

*)Penulis: dosen sosiologi politik FISIP UMSU, Koordinator Umum ‘nBASIS
sohibul KETA KU SIPIROK (bag 5): PERANG PERNYATAANn’BASIS adalah sebuah Yayasan yang didirikan tahun 1999 oleh sejumlah akademisi dan praktisi dalam berbagai disiplin (ilmu dan keahlian). ‘nBASIS adalah singkatan dari Pengembangan Basis Sosial Inisiatif dan Swadaya dan memusatkan perhatiannya pada gerakan intelektual dengan strategi pemberdayaan masyarakat, pendidikan, perkuatan basis ekonomi dan kemandirian individu serta kelompok.

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 9 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.
Baca Juga :  M Hidayat wujudkan masyarakat agamis

3 Komentar

  1. sipulut digadis di SIpirok giot manobusi kotan di Sidimpuan. Bia de anttong. ha ha

  2. Oke.., bisa berikut commennya : Pada saat comment ini saya buat saya sendiri belum tahu persis bagaimana jadinya masalah kantor Bupati ini. Tapi sepertinya kalah dalam pemberitaan dibandingkan berita dari Aek Latong. Saya pikir secara tidak langsung berita ini telah memberitahu pada Bupati terpilih, bahwa masalah Sipirok tidak gampang untuk deselesaikan, kiranya ini menjadi pelajaran bagus untuk menghindari kebodohan, “Mangadis sipulut di Sipirok untuk manabusi Kotan di Sidempuan”.

  3. Macam mananya ruang comentar ini mengapa tidak bisa mengirim, padahal sudah awa ketik 1 alinea. (Ini di buat untuk percobaan)

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*