Ketua Adat Madina Desak Pemerintah Selesaikan Konflik Tambang Emas Liar

MEDAN – Tokoh adat Kabupaten Mandailing Natal (Madina) Sumatera Utara, mendesak pemerintah segera menyelesaikan konflik antara penambang liar emas dengan PT Sorikmas Mining, sebelum menelan korban jiwa.

“Saya minta pemerintah menyelesaikan permasalahan itu agar tidak berlarut-larut. Sebab, di kemudian hari bisa menimbulkan korban jiwa kalau tidak sikapi secepatnya,” ungkap Ketua Adat Madina, Mangaraja Soaloon Nasution, Selasa (2/4/2013).

Saat ditanya tindakan petugas polisi terhadap warga Naga Juang yang bertikai, Mangaraja menyerahkan kasus tersebut kepada penegak hukum.

“Kalau itu biar diurus polisi sesuai jalur hukum yang berlaku,” sebutnya.

Menurutnya, konflik antara masyarakat dengan PT Sorikmas Mining dipicu karena banyaknya penadah hasil penambangan liar warga.

“Saya melihat warga diadu dengan pihak PT SM dan aparat oleh penadah emas itu,” tuturnya.

Dia berharap, pemerintah memfasilitasi perundingan antara pihak yang bertikai agar menemukan titik temu. “Harus duduk bersama untuk menyelesaikan ini, saya tidak ada kepentingan di sini,” tambahnya.

Selain itu, Mangaraja juga menyayangkan lemahnya pengawasan penggunaan merkuri (air raksa) dan sianida oleh para penambang emas liar yang disinyalir tidak terkontrol. Air sisa pengolahan emas dibuang ke saluran irigasi yang mengalir ke kolam, sawah, dan sungai.

“Bahaya zat kimia yang digunakan tidak dirasakan sekarang, tapi jangka panjang, tapi masyarakat tidak memikirkan itu, malah memikirkan finansial semata,” ungkapnya. (Okezone.com)

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 8 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.
Baca Juga :  Siswi SMPN 1 Padangsidimpuan Juara I Lomba menggambar Peace Poster

1 Komentar

  1. Puji tuhan karen hal yang tidak pernah terbayankan kini menjadi kenyataan kepada keluargaku,,,untuk KI COKRO WINOTO kami ucapkan banyak terimakasih karna berkat bantuannya angka penberian AKI yaitu 4D 6840 saya dpat Rp 170 juta dan keluarga saya bisa lepas dari hutang dan masalah,karna nomor “GHOIB”untuk pasang togel,hasil ritual AKI memang benar-benar merubah nasib kami hanya sekejap dan di situlah aku berkesempatan kumpulkan uang untuk buka usaha kembali,karna rumah juga sudah disita,bengkel motor jg sudah bangkrut,,tapi itu semua aku masih tetap bertahan hidup dengan anak istriku,,walau cuma ngontrak tapi aku tetap bersabar dan akhirnya KI COKRO WINOTO lah yang bisa merubah nasib kami..maka dari itu cuma AKI orang paling bersejarah di keluargaku,jadi kepada teman-teman yang di lilit hutang dan ingin merubah nasib seperti saya silahkan hub KI COKRO WINOTO di nomor: 0823,2623,2669 dengan penuh harapan pasti tercapai,trima kasih…..?

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*