Komisi III Tinjau Pelaksanaan DAK di Tapsel

Jumat, 20 November 2009 – www.metrosiantar.com

Komisi III DPRD Tapsel, saat monitoring pelaksanaan DAK ke sejumlah sekolah

Banyak Pembangunan Sekolah Bermasalah
TAPSEL-METRO; Komisi III DPRD Kabupaten Tapanuli Selatan (Tapsel) memonitoring pelaksanaan pembangunan sejumlah sekolah di tiga kecamatan yang berasal dari Dana Alokasi Khusus (DAK) tahun anggaran 2009. Hasilnya, banyak ditemukan kesalahan dalam pelaksanaan mulai dari kepanitiaan DAK hingga proses pembangunannya.

Komisi III yang dibagi dalam tiga tim tersebut menyusuri pelaksanaan pembangunan sekolah yang bersumber dari dana DAK yakni di Kecamatan Batang Toru, Marancar, dan Muara Batang Toru. Pengawasan yang dilakukan selama dua hari yakni Selasa (17/11) hingga Rabu (18/11) kemarin langsung dipimpin Ketua Komisi III, Mahmud SAg dari PPP dan sejumlah anggota lainnya seperti, Suyatmo Siregar, Husin Sogot Simatupang, Mura Siregar, Ike Taken Hasibuan, dan lainnya.

Dalam monitoring yang dilaksanakan di sembilan sekolah di Kecamatan Muara Batang Toru, para anggota dewan ini banyak melihat kesalahan dalam pelaksanaan mulai dari kepanitiaan DAK hingga proses pembangunannya. Di mana banyak sekolah yang di bangun tanpa mengikuti apa yang sudah ada tertera dalam Rancangan Anggaran Biaya (RAB) yang sudah dibuat bekerja sama dengan konslutan pendamping.

Komisi III DPRD Tapsel dalam kesempatan tersebut mengatakan bahwa proses monitoring ini merupakan pendahuluan dan akan berjalan terus sering dengan pembangunan sekolah tersebut yakni di pertengahan dan kemudian di akhir ketika sekolah tersebut sudah selesai dibangun, karena saat ini kondisinya baru sekitar 20-25 persen saja pengerjaannya. “Sejauh ini kami melihat pelaksanaan DAK di Tapsel khususnya yang kita tinjau di Kecamatan Muara Batang Toru sangat mengecewakan dan banyak kita temukan kesalahan, namun kita datang kemari bukan untuk mencari kesalahan akan tetapi untuk memberi masukan agar pembangunannya bisa berjalan dengan baik,” ujar mereka.

Baca Juga :  Jalan Provinsi Mirip Kubangan Kerbau

Dikatakan mereka, hasil tinjauan langsung ke lapangan ini akan dibahas di komisi III untuk kemudian diambil sebuah kesimpulan dan akan dipertanyakan langsung kepada dinas terkait.

Sementara itu Kepala Dinas Pendidikan, Tapsel, Drs Marasaud kepada wartawan mengatakan akan segera mengecek langsung kebenarannya di lapangan perihal banyaknya penyimpangan yang terjadi dalam proses pembangunan sekolah di Kecamatan Muara Batang Toru, Marancar dan Batang Toru.

“Kita akan melakukan pengecekan untuk melihat secara langsung kebenarannya,” pungkasnya. (phn)

PostLink: https://apakabarsidimpuan.com/2009/11/komisi-iii-tinjau-pelaksanaan-dak-di-tapsel/

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 12 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*