Komptan Arse dan SDH Terima Bantuan Mesin Gilingan Kopi Dari Pemprovsu

5405024500 fc68ff96c8 Komptan Arse dan SDH Terima Bantuan Mesin Gilingan Kopi Dari Pemprovsu

Sepuluh koptan di Kecamatan Arse dan SDH, Kabupaten Tapsel menerima bantuan mesin gilingan kopi dan penyulingan minyak nilam dari provinsi. Bantuan itu diserahkan Bupati Tapsel, Syahrul M Pasaribu di Balai Desa Sipagimbar, SDH, Minggu (30/1).

Bupati Tapsel, Syahrul Pasaribu, didampingi anggota DPRD Tapsel, Mangapul Situmorang, Husin Sogot Simatupang, Kepala Dinas Pertanian Tapsel, Drh Untung, menjelaskan, bantuan tersebut berasal dari Dinas Pertanian (Distan) Provinsi Sumut untuk Tahun Anggaran (TA) 2010 yang telah dilobi Pemkab Tapsel. “Kelompok tani harus bersama-sama menjaga dan merawatnya,” pesan Syahrul.

Tidak itu saja, Syahrul juga memintan koptan agar menggunakan alat produksi hasil pertanian tersebut sesuai peruntukkannya, seperti mesin gilingan kopi, jangan digunakan untuk menggiling hasil pertanian lainnya, seperti cabai.
“Dengan diserahkannya bantuan ini mudah-mudahan menjadi motivasi petani lebih giat mengembangkan pertanian,” singkat Syahrul.

Syahrul menambahkan, bantuan tersebut merupakan bantuan pinjam pakai. Dalam artian, beberapa waktu ke depan ketika koptan sudah mandiri dalam usahanya, bisa digulirkan dan dipinjam pakai kepada koptan lain yang belum pernah menerima bantuan.

Kadistan Tapsel, Drh Untung, menambahkan, untuk kapasitas alat penyulingan minyak sekitar 100 kilogram nilam kering. Bahan peralatannya juga stainless sehingga produksi minyak nilam petani lebih jernih bila dibandingkan dengan alat yang digunakan petani selama ini.

Sedangkan, mesin giling kopi kapasitasnya 50 kilogram. Diperkuat instrukturnya, dalam penggunaan mesin giling kopi, petani sebaiknya memakainya maksimal 8 jam sehari dan tidak usah dipaksakan lebih dari 8 jam, karena mesin nantinya mudah rusak.

Baca Juga :  Polisi Buru Aktor Intelektual Kerusuhan Paluta

Adapun 10 koptan penerima bantuan, yakni, koptan Saroha, Gambane dan Marsipaluatan di Arse. Lalu, di SDH, koptan Binanga Natolu, Suka Jadi, Situnggilang Satahi, Murni, dan Sejahtera. Selanjutnya, koptan Bina Tani dan Batara Wisnu. (neo) (metrosiantar.com)

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 9 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*