Kondisi Jalan Sihoringkoring- Batunadua Rusak

Rusak Jalan Sihoringkoring yang masih dalam kondisi onderlak padahal berada di pusat kota Padangsidimpuan. (medanbisnis/ikhwan nasution)

P Sidimpuan. Ruas jalan Sihoringkoring yang menghubungkan Sitataring, Kecamatan Padangsidimpuan Utara dengan Batunadua, Kecamatan Padangsidimpuan Batunadua sulit dilalui kendaraan bermotor. Karena badan jalan dipenuhi batu besar dan tanah.
Pantauan MedanBisnis, Senin (6/7), terlihat permukaan jalan yang rata karena kondisinya masih onderlak semakin membuat pengendara cemas melewatinya karena khawatir terjungkal ke dalam parit jalan. Ruas jalan di pusat Kota Padangsidimpuan itu masih ada yang dionderlak (lapisan penetrasi bawah). Kondisi ruas jalan itu pun kini sudah kupak kapik. Padahal Pemko Padangsidimpuan sudah berdiri sejak mekar dari kabupaten induk Tapanuli Selatan (Tapsel) Tahun 2001 silam.

Parahnya lagi jembatan yang ada di sana dikhawatirkan akan cepat ambruk karena lapisan permukaan jembatan menahan air hujan. Air tergenang terus di permukaan jembatan karena tidak ada saluran pem-buangan air. Sedihnya, usai melewati jembatan dari arah Sihoringkoring jalannya menanjak tajam dengan permukaan badan jalan dipenuhi batuan yang tajam dan besar.

“Apabila salah masuk, kendaraan bisa mundur dan terjun ke sungai di bawah jembatan,” ujar pengendara roda dua dan roda tiga kepad MedanBisnis. Pengguna jalan yang menolak namanya dikorankan mengatakan setiap kali melewati jalan yang panjangnya sekira 1 Km dengan lebar sekira 3 meter itu dirinya harus ekstra hati-hati, bila tidak akan mengalami kecelakaan. “Kita heran koq, masih ada ruas jalan onderlak di pusat kota Padangsidimpuan,” cetusnya.

Baca Juga :  Satgas Keturunan Oppu Napotar Panyanggar Dibentuk

Warga yang berdomisili di sekitar Jalan Sihoringkoring mengakui ruas jalan tersebut telah pernah dihotmix, namun karena tekstur tanahnya turun akibat dilewati kendaraan mengakibatkan jalan hancur, kemudian dionderlak pemerintah kota kembali.

“Saya saksikan langsung waktu dihotmix, kemudian dionderlak lagi setelah badan jalan hancur. Kemungkinan ruas jalan tidak tahan menahan beban kendaraan yang melaju di atasnya,” ujar warga.

Warga Sihoringkoring berharap Pemerintah Kota (Pemko) Padangsidimpuan segara melakukan perbaikan jalan dengan megaspal jalan tersebut. Karena ruas jalan itu merupakan sarana vital untuk memperlancar hubungan arus lalu lintas antar dua kecamatan.


(ikhwan nasution)- Medan Bisnis

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 4 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*