Kondisi Jalinsum Padangsidimpuan di Desa Hajoran, Baru Diaspal Retak-retak

JALAN RETAK- Kondisi jalan yang baru selesai dihotmiks di Desa Hajoran, sebagian sudah alamai retak-retak, Senin (8/11).

Kondisi jalan lintas Sumatera (jalinsum) Padangsidimpuan (Psp) di Desa Hajoran, Kabupaten Tapanuli Tengah (Tapteng), sudah rusak dan di permukaan aspalnya retak-retak. Padahal, jalan tersebut selesai di hotmiks sekitar 4 bulan yang lalu.

Sejumlah warga di lokasi itu menyebutkan, salahsatu faktor penyebab kerusakan jalan itu diduga karena pengaspalan dilakukan saat cuaca sedang hujan. Sehingga aspal mudah retak.

M Rais (38), salahseorang di antaranya mengatakan, karena dikerjakan saat cuaca hujan mengakibatkan kondisi jalan tidak kokoh. “Itu bisa kita lihat dengan kondisi sekarang ini. Baru empat bulan lalu selesai dikerjakan sudah retak, dan berlubang,” ujarnya.

Ia khawatir jika kondisi itu tidak segera diperbaiki, maka akan terjadi kerusakan yang lebih parah. “Kalau itu sampai terjadi, maka yang paling dirugikan ya kami masyarakat di sini terlebih,” kesalnya.

Agus Fitriadi Panggabean dan Ir Antonius Hutabarat, keduanya anggota DPRD Tapteng, mengaku sudah menerima laporan warga dan telah melihat langsung jalan tersebut. Keduanya membenarkan pengakuan warga, yang menyebutkan kondisi jalan sudah retak.

Dari pantauan mereka, tampak juga sebagian permukaan aspal yang sudah ditambal sulam. “Mungkin karena sudah berlubang ya, makanya ditambal. Tetapi kita heranlah, padahal baru saja selesai dikerjakan,” tukas Agus.

Agus menduga, kerusakan itu diakibatkan pengaspalan yang dilakukan saat cuaca sedang hujan. Sehingga aspal yang baru dimasak begitu disiram ke permukaan jalan tidak langsung melekat dengan material.

Baca Juga :  Terkam Desak KPK Tangkap Pelaku Illegal Logging di Madina

Menyikapi hal itu, Agus mengimbau agar pihak rekanan yang mengerjakan proyek tersebut segera memperbaikinya. Sebab jika tidak segera ditangani, dikawatirkan akan terjadi kerusakan yang lebih parah. “Yang rugi kan kita, masyarakat Tapteng,” katanya lagi. (metrosiantar.com)

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 9 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*