Konflik 2 Korea – Hillary Clinton Ingatkan Korut Untuk Hentikan Provokasi

Menteri Luar Negeri (Menlu) Amerika Serikat Hillary Clinton mengingatkan Korea Utara (Korut) untuk menghentikan provokasi dan kebijakan ancamannya. Menurut Hillary, dunia harus merespons atas tenggelamnya kapal perang Korea Selatan (Korsel) akibat serangan torpedo Korut.

“Kami menyerukan Korut untuk menghentikan provokasinya dan kebijakan ancamannya serta keagresifan terhadap tetangga-tetangganya,” tegas istri mantan Presiden AS Bill Clinton tersebut.

“Kita tak bisa menutup mata atas serangan dan provokasi ini,” cetus Hillary dalam konferensi pers dengan Menlu Korsel Yu Myung-Hwan di Seoul seperti diberitakan kantor berita AFP, Rabu (26/5/2010).

Mantan ibu negara AS itu menyatakan pemerintah AS akan selalu mendukung, Korsel terlebih lagi di waktu sulit ini.

Hillary saat ini berada di Seoul untuk menunjukkan solidaritas AS di tengah meningkatnya ketegangan Korsel-Korut.

Ketegangan itu dipicu oleh laporan tim investigasi multinasional pekan lalu yang menyatakan kapal selam Korut telah melepaskan torpedo ke kapal perang Korsel, Cheonan pada 26 Maret lalu. Akibat serangan itu, Cheonan terbelah dua dan tenggelam hingga menewaskan 46 pelaut Korsel.

Pemerintah Korut membantah telah menyerang Cheonan. Pyongyang bahkan menuding Seoul merekayasa bukti untuk mencari-cari alasan guna menyerang negeri komunis itu bersama-sama sekutunya. Pyongyang pun memutuskan untuk membekukan hubungan dengan Seoul dan membatalkan perjanjian non-agresi dengan negeri Giseng itu.

Sumber: http://www.detiknews.com/read/2010/05/26/154534/1364562/10/hillary-clinton-ingatkan-korut-untuk-hentikan-provokasi?991101605

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 10 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.
Baca Juga :  Nokia Pecat 4.000 Pegawai

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*