Konflik Dua Korea Wartawan Diminta Tinggalkan Yeonpyeong

Para pejabat Korea Selatan meminta wartawan di sekitar pulau Yeonpyeong yang ditembaki Korut agar meninggalkan daerah itu Minggu (28/11/2010) petang.

“Pada tahap ini, tidak dapat diramalkan bentuk aksi provokatif yang akan dilakukan Korea Utara, dengan menggunakan pelatihan perang gabungan Korsel-AS itu sebagai pembenaran,” kata Kementerian Pertahanan.

4088180620X310 Konflik Dua Korea Wartawan Diminta Tinggalkan Yeonpyeong
Foto yang diambil 25 Juli 2010 ini memperlihatkan warga Korea Selatan memandang kapal induk USS George Washington dari kelas Nimitz yang meninggalkan Pelabuhan Busan di Busan, Korsel, untuk mengikuti latihan militer gabungan Amerika Serikat-Korsel. Di tengah-tengah ketegangan hubungan antara Korsel dan Korut, pemerintahan Barack Obama mengirimkan USS George Washington ke Laut Kuning untuk mengikuti latihan gabungan dengan Korsel, yang direncanakan dimulai Minggu (28/11).

“Jadi kami meminta wartawan di Yeonpyeong meninggalkan pulau itu hari ini,” katanya.

Ia menambahkan pihaknya tidak dapat menjamin keselamatan mereka jika mereka tetap berada di pulau itu.

Kantor berita Yonhap memperkirakan sekitar 400 wartawan berada di Yeonpyeong, tempat dua warga sipil dan dua Marinir tewas akibat serangan artileri Korut Selasa lalu.

Sebagian besar penduduk telah meninggalkan pulau itu.

Korsel dan AS, Minggu mulai melakukan latihan perang berskala luas lebih jauh ke selatan di Laut Kuning sebagai unjuk kekuatan terhadap Korut.

Suara tembakan terdengar dari daratan Korut yang memicu kepanikan di pulau itu pada Minggu pagi. Masyarakat diperintahkan segera memasuki tempat perlindungan selama 40 menit. (kompas.com)

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 11 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*