Konflik PT. Toba Pulp Lestari Kontra Warga Sipirok Berlanjut: Upaya Mediasi Polres Tapsel Gagal Total

1610326155b2356b3bc4a0b1cf131edc145f79d9 Konflik PT. Toba Pulp Lestari Kontra Warga Sipirok Berlanjut: Upaya Mediasi Polres Tapsel Gagal Total
Kapolres Tapsel AKBP Subandriya didampingi Kapolsek Sipirok. (ARM-H)

Padangsidimpuan, Konflik warga Kota Sipirok dengan Pemkab Tapsel hal Ibukota kabupaten mulai melebar, sejumlah pihak yang dicurigai sebagai kroni Pemkab Tapsel terkena imbas. Perusahaan HPHTI (Hak Pengusahaan Hutan Tanaman Industri) PT. Toba Pulp Lestari (TPL) yang setiap hari angkut kayu dari Tapsel melalui Kota Sipirok ke pabrik PT. TPL di Porsea, karena trauma kasus bokade Jalan Lintas Sumatra (Jalinsum) pada hari Senin malam tgl. 2 Mei 2012 oleh massa warga Sipirok, terlihat hentikan sementara operasional pengangkutan kayu.

Terkendalanya operasional PT. TPL  sampai kini telah coba diatasi Polres Tapsel dengan upaya melakukan acara mediasi antara managemen PT. TPL dengan warga Sipirok. Namun belakangan ketahuan tidak ada keterbukaan terhadap warga Sipirok, sehingga warga yang merasa sudah digiring akhirnya menolak mentah-mentah upaya mediasi Polres Tapsel.

Mulanya Wakapolres Kompol Zainuddin, S.Ag selaku Penyidik kirim surat undangan No. B/233/V/2012/Reskrim tgl 14 Mei 2012 perihal mediasi permasalahan pertapakan kantor Bupati Tapsel di Dusun Kilang Papan Desa Situmba.

Karena percaya pada keterangan Kapolres AKBP Drs Subandriya pada acara sebelumnya di Polsek Sipirok bahwa tujuan mediasi adalah terwujudnya perdamaian warga Sipirok dengan Pemkab Tapsel, pada hari Rabu (16/5) sejumlah tokoh warga Sipirok seperti Ridwan Harahap, Ramli Siregar, Rahmat Siregar, Boby Siregar, Baginda Syarif Siregar, Baginda Maulana, Mangaraja Hurning, Ismail Sitompul, Sahat Siregar, Bangun Harahap, Mangaraja Pinayungan dkk datang  ke Mapolres Tapsel di Jl. SM Raja Kota Padangsidimpuan.

Baca Juga :  SYAMSUL ARIFIN BILANG: WAJARLAH ANAK BUPATI PUNYA JAGUAR...!

Warga Sipirok yang mulanya menyangka akan berunding dengan Polres Tapsel hal maksud perdamaian dengan Pemkab Tapsel, agar sejumlah warga hingga kini masih mengungsi keluar daerah bisa dengan tenang pulang kembali ke Sipirok, heran melihat kehadiran beberapa staf Pemkab dan Dinas Kehutanan Tapsel seperti Kabag Hukum Hamdan Zein, Kabid Perencanaan Agus Salim Siregar, Kepala Wilayah Hutan Angkola Timur Irawadi berserta manager TPL Sektor Padangsidimpuan, James Tampubolon, Kordinator Humas Bekman Ritonga dikawal sejumlah pegawai TPL dan didampingi Kapolsek Sipirok sudah duluan duduk di aula Mapolres.

Ketika pembicaraan dimulai langsung menyimpang ke permasalahan angkutan kayu TPL terancam blokade warga Sipirok, terjadi interupsi warga Sipirok pertanyakan pembicaraan mediasi tidak sesuai isi surat undangan Polres. “Karena pak Kapolres bilang surat undangan tsb salah dan yang benar adalah acara mediasi masalah blokade angkutan kayu TPL dan Kabag Hukum Hamdan Zein ngoceh urusan perdamaian supaya langsung ke bupati, akhir perwakilan warga Sipirok kompak menegaskan karena mediasi angkutan TPL tidak ada disebut dalam surat undangan Polres, maka kami menolak melanjutkan pembicaraan. Terakhir kami tegaskan selama belum ada perdamaian dan situasi warga Kota Sipirok masih tegang dan resah, maka guna tidak memancing ledakan konflik di tengah masyarakat sebaiknya angkutan kayu TPL dihentikan dulu sementara ini” ujar beberapa warga Sipirok yang ditemui pers setelah bubar keluar Mapolres.

Baca Juga :  700 Batang Ganja Ditemukan di Torsihite

Sebaliknya pihak PT. TPL terkesan coba berkelit alias cuci-tangan dan buang-badan , konfirmasi pers via sms ke manager dan humas TPL dibalas dengan jawaban mereka cuma terima dan hadiri undangan Polres Tapsel. Jawaban  diplomatis walau kontras dengan selentingan pihak TPL selaku undangan malah digunjingkan mendanai biaya konsumsi acara mediasi menyimpang yang gagal tsb. ( ARM-Hutasuhut )

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 8 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.

63 Komentar

  1. Saya siap dihentikan dari mitra PT.TOBA PULP LESTARI, TBK. karena membela TPL tidak ada gunanya karena kampung halamanku juga dihabisi TPL ini. pecat aja aku Bos TPL karena anda seenaknya mempermainkan karyawanmu sendiri, HUMAS TPL anda tidak mampu macammacam di Tapsel ini .kasihan kau Tagor Manik.

    • benar kali lah itu lae pohan….. ga usah ngaraplah jadi kaya dari mitra TPL ini…… uang lae nya dipake TPL buat operasional …. karena lae kerja dulu pake uang sendiri baru 6 bulan lae dibayar, iya kan???
      enak kali lah memang TPL ini….. ga usah cakap besar lah wooiiiiiii orang TPL…. woooiiiii tagor manik…… ngaca dulu kalian !!!!!!!!!!!!!!!!!!

  2. Hee Tagor Manik, kata itu harus sesuai dengan fakta, jangan kontradiktif. Di Simandalu Angkola Timur operasional penebangan kontraktor TPL si Iqbal dengan sub-nya si Simamora TNN udah kustop, si Keling Malaysia GM Ramalinggam yang datang ke lokasi dan perintah camp manager James Tampubolon lanjut penebangan, tokh tak berani karena takut balik-cut diadukan ke polisi. 2 alat berat kontraktor TPL kini ditahan Polres Tapsel, tak nongol 1 staf TPL pun membela.
    Komentar si Pohan tgl 16 Juli sungguh benar dan implementasinya telah kita terapkan. Di Kota Padangsidimpuan, luas konsesi TPL di atas kertas peta yang diteken Menhut ada 2.800 Ha, di lapangan 1 Ha pun berat kalian dapat. Buktinya udah beberapa kali rapat atas permohonan TPL di Distanhut Psp selalu `mentah`. Tanya konco-koncomu dari camp Maragordong yang hadiri rapat di Distanhut Psp Rabu 18 Juli lalu.
    Mau `dikuliti` sampai taktik licik TPL gamblang di mata umum sehingga awam di Tapsel jadi cerdas paham? Tunggu artikel khusus memblejetinya.

    • Apa sih maksudnya si tagormanik ini yang selalu propokatif dan sepele sekali dengan sipirok dan tapsel… ok lah bung, mudah mudahan arogansi mu itu mendapat balasan yg setimpal….

  3. Siapa-siapa yang tidak suka dengan PT.TPL Porsea, hadapi saya Tagor Manik IR.Direktur Humas TPL PORSEA. KHUSUS lae morniff jangan banyak bicara, HTI saya ada di daerah Tapsel… tapi anda tidak akan sanggup membendung kami TPL beroperasi di Tapsel dan sipirok. selamat berjuang lae morniff membela tapsel kalian ini, yang pasti kayu kami tetap jalan dari sipirok. ok lae

    • bisalah kau tagorrrrr……..manik,,,,,,, masih ada kayu brarti masih digajinya kau dari TPL….. masih bisalah mulutmu bersuara………. TAPI INGAT……. kalo udah ga da kayu lagi, kau pun akan bernasib seperti KAYU BUSUK dibuang TPL nanti kau………..
      WASPADALAH….. !!!!!!!!

  4. kelemahan TPL :
    1. ijin konsesi hutan HTI TPL diberikan oleh negara melalui menhut ri.
    2. semua ijin tersebut sebanyak 269.060 ha di 8 kab sumut notabene belum jelas tatabatasnya oleh dishut setempat dan pusat, kecuali simalungun itupun masih menuai protes masyarakat serempat
    3. karena itu maka dishut setempat sampai menhut sekarang ini mendesak supaya TPL mampu secepatnya menatabatas ulang semua tatabatas tersebut diatas apapun yang terjadi dengan masyarakat supaya TPL tetap diberikan ijin konsesi tersebut sampai habis waktu 45 tahun sejak mulai indorayon beroperasi
    4.bila mana tatabatas tersebut tidak terpenuhi dilapangan maka ijin konsesi TPL tidak akan diberikan lagi oleh dishut dan menhut perpanjangan ijin konsesi atau minimal penghentian sementara penebangan dan penanaman HTI oleh menhut bila terjadi force majeur dan aksi massa
    5.itulah sebabnya TPL matimatian harus mendapatkan seluas areal diatas 269.000 ha tadi apapun yang terjadi supaya operasi hutannya tetap dilegalkan dishut sampai menhut.

  5. kawankawan dari TPL jangan begitulah di kampung saya di tapsel ini. saya juga dulu karyawan TPL , tapi karena saya lihat kerja TPL tidak ada belaskasihan sama masyarakat dan tanah air RI ini maka saya cabut. Lae james tampubolon, betmen ritonga, simon sidabukke dan anaknya chairuddin pasaribu dan humashumas TPL di tapsel tolong jangan lagi terus membuat warga Tapsel dan sipirok ini capek – capek menghadapi anda – anda TPL nanti jadi berabe. nasihat saya sama TPL silakan tinggalkan Tapsel dan carila hutan masih banyak di lokasi lain seperti di sipadan dan ligitan jangan rusak huta ku tapsel ya TPL.

    • wooiiiiii orang TPL……. brani nya cuma di TAPSEL….. tapi di humbang kalian BABAK BELUR….. hadapi cecunguk humbang aja kalian udah mencret…. bau kalinya kalian di humbang kami …. impoten nya kalian di sektor tele dan sektor aek raja……

  6. Senjata TPL hanyalah menakutnakuti membawa dan didampingi aparat keamanan. BILAMANA POLRES tapsel mediasi kenapa masyarakat blokade truk TPL di sipirok itu masuk akal karena itu tupoksi polri menjaga keamanan. namum untuk kita masyarakat tapsel khususnya lintasan truk loging TPL dan lokasi penebangan hutan TPL mari duduk bersama . yang jadi masalah adalah PENEBANGAN HUTAN OLEH TPL DI LOKASI MASYARAKAT DAN JUGA REGISTER, jadi kenapa sampai masyarakat blokade jalan karena itulah satusatunya cara masyarakat supaya mata semua PEMERINTAH, APARAT KEAMANAN masuk inti pokok bahwa selama ini TPL mencari-cari celah kesalahan masyarakat tapsel, bukannnya TPL mengurusi dulu hasil kayu jarahannnya…tapi mengadu ke aparat keamanan tapsel hanya ulah masyarakat blokade truk TPL. Jadi inti pokok adalah perambahan oleh TPL dan aksi karena tidak ditangapi siapapun adalah blokade jalan truk TPL dan itu langkah bijak bagi masyarakat awam pembela kebenaran. jadi seharusnya PEMERINTAH DAN APARAT KEAMANAN TAPSEL bersatu dengan masyarakat Tapsel , jangan tergiur dengan uang haram TPL belalah masyarakat tapsel yang masih koperatif untuk kemajuan daerah tapsel sekarang dan masa depan.

  7. Teman2 pejuang TAPsel khususnya sipirok yg sdh mulai dikotori permb ah hutan..saya sarankan galang kekuatan dari semua elemen orazng TAPSEL dan buar RENCANA AKSI utk mengusir semua antek2 TPL yang berdalih tdk melanggar hukum,, kumpulkan bukti2 karena pasti ada kelemahannya antara lain DAMPAK LINGKUNGAN (AMDALNYA) karena keluarnya peraturan yg memperbolehkan ambil kayu dihutan pasti diikuti ketentuan kewajiab2 yg harus dipenuhinya.

  8. Ingat TPL…. dari Kab. Tapsel banyak orang- orang berhasil di pusat dan banyak JENDERAL-JENDERAL dilahirkan dari Tapsel yang akan membela kepentingan rakyat khusus di Tapsel. Uangmu TPL .. tidak ada apa-apanya …dibanding uang yang dihasilkan uang anakrantau TAPSEL. Selamat berjuang TAPSEL usir tpl itu

    • lae…. jangan harap kek gitu….. TPL ga takut ama jenderal…… tapi dia itu takut kalo:

      1. bahan baku kayu habis
      2. pulp nya ga lau

      jadi…. stop aja kayunya….. ATAU… lapor sama badan LUAR NEGERI lewat INTERNET buat aja status KAYU TPL ILLEGAL…..

  9. Pak Hutasuhut benar. TPL singkatan dari Taktik Paling Lama yaitu OTAK KOTOR

    Saya pernah berdinas di dishut simalungun saat tatabatas TPL dan disinilah permainan staff TPL membelokkan tatabatas menjadi milik sendiri staf – staf TPL tersebut diatas itu dan sampai sekarang sudah mulai diselidiki oleh jamintel dan dishut oleh pelaporan LSM Simalungun. tTETAPI RENCANA SEMULUS DI SIMALUNGUN ITU TIDAKLAH SEMULUS yang terjadi di 7 kab lainnnya, karena kalau masyarakat sekitar tatabatas bersatu menegakkkan kebenaran mana batas konsesi TPL dan mana batas masyarakat dan batas register, maka TPL akan gigit jari lahan yang diberikan sebagaitanggungjawab TPL itu sebenarnya adalah lingkaran SETAN alias tatabatas semaunya TPL tanpa melihat kebenaran situasi lahan lahan di lapangan yang sebenarnya dan inilah OTAK KOTOR si TPL Bangsat itu. saya dipenjara di simalungun gara – gara ulah TPL membelokbelokkan tatabatas sehinga saya diperkarakan oleh masyarakat parapat sebagai pinggiran konsesi TPL dan masyarakat. tapi semua itu adalah ulah dari kerakusan humas dan direktur TPL yang haus akan lahan masyarakat. supaya itu jangan terjadi di kab. Tapsel mari masyarakat bersamasama mengikuti terus konflik ini baik rapat2 malam staf 2 dan direktur TPL dengan bupati dprd polres dandim pers tokoh masyarakat preman dan terlebih DISHUT TAPSEL …. karena TPL punya banyak uang yang mungkin kalau tidak kuat IMAN akan menerima uang TPL berbalik mendukung kepentingan TPL di Tapsel ini. jangan terlena melihat penampilan staf TPL yang mewah , mereka itu hanya kurang lebih penghuni barak-barajk lokalisasi di sepanjang hutan yang lagi tebang pohon di 8 kab di sumut. HORAS untuk TAPSEL.

  10. Taktik otak kotor TPL sekongkol BPKH giring Gubsu buat SK Panitia Tatabatas di Kab/Kota yg kangkangi Permenhut P.47/2010 mungkin bisa mulus di Simalungun, Taput. Tapi di Kota P.sidimpuan dah terganjal, seluruh stakeholder sukses tuntut TPL dan BPKH minta Gubsu teken revisi SK. Gitupun Dir TPL, Juanda Panjaitan plus barisan anteknya Simon Sidabuke, Bekman Ritonga dkk masih coba licik curangi hak-hak masyarakat di dalam areal konsesi TPL. S/d kini gerombolan staf TPL terus kasak-kusuk bujuk Walkot P.sidimpuan Zulkarnaen Nasution, Bupati Tapsel Syahrul Pasaribu, Kadishut, Bappeda, Camat dan para Kades agar mau teken Peta Tatabatas areal TPL tanpa pengukuran di lapangan bahkan tanpa enclave hak-hak rakyat. Tahapan penataan batas via pengumuman, sosialisasi, pengukuran, pengeluaran/enclave hak rakyat mau coba dibypass TPL. masalahnya kini bisa nggak duit TPL menyilaukan Walkot Psp dan Bupati Tapsel utk kasi gratis lahan penghidupan tanah garapan rakyat ke TPL? Dan Mesuji serta Bima kedua terjadi di Kota Psp dan Kab. Tapsel? Sejarah akan buktikan, siapa menabur angin akan menuai badai. Gimana para antek TPL, siap menuai badai?

  11. Saudara tagor hanya pakai otak kiri ya. kok berani anda nantang masyarakat, lsm dan pers mempertaruhkan perusahaan nama besar TPL yang sudah memberi anda makan sekeluarga.

    • benar kali itu pak laksamana … udh sintingnya si tagor itu, ngga sadar kalau dia udh makan dari perusahaan, teganya bertamengkan perusahaan si tagor itu menyombongkan diri….org kayak si tagor itu buang aja kalau perlu dikubur di danau toba saja…biar jgn mencemari nama besar TPL

  12. kita mau lihat dulu hutan di tapsel akan kami pakai untuk bubur kertas pulp sesuai dengan ijin menhut thn.92, jadi TPL beroperasi dengan legal dan tidak menlanggar hukum kawan – kawan.

    • hheiiiii TAGOR……. pandai kalilah kau ngomong ya…….. itukan menurut kau TPL tidak melanggar hukum karena kau terjemahkan suka hatimu……. dan kau juga pintar menjilat pantat birokrasi dengan UANG TPL sampe bisa kau atur biar birokrasi setuju sama terjemahan kau…..
      TOBATLAH boz…… pake HATi NURANI mu…… jangan pake OTAK KIRIMU seperti kata PAK LAKSAMANA (orang TPL)…… kalian aja sama sama orang TPL sudah ga cocok…… brarti memang penghianatnya kau TAGGORRRRRRR…………..

  13. masyarakat tapsel khususnya sipirok hanya suka perang kata – kata di dunia maya. Tak ada berani lagikan blokade jalan logging truk2 kami TPL di jalan sipirok. lsm sama media dari tapsel asal ngomong saja tutup TPL . tahan dulu pikiran-pikiran anda itu ,selama saya masih di TPL maka TPL akan tetap jaya beroperasi.

    • bisalah kau tagorrrrr……..manik,,,,,,, masih ada kayu brarti masih digajinya kau dari TPL….. masih bisalah mulutmu bersuara………. TAPI INGAT……. kalo udah ga da kayu lagi, kau pun akan bernasib seperti KAYU BUSUK dibuang TPL nanti kau………..
      WASPADALAH….. !!!!!!!

  14. Truk – truk kayu TPL yang tetap melintas pada hari KAMIS saat pokan di sipirok…………… tandanya TPL terang-terangan melecehkan kita masyarakat sipirok…….. polres tapselpun tidak ambil pusing lagi ngurusin itu……… baiknya kita masyarakat langsung bakar dan jungkitbalikkan truk – truk TPL yang ngotot melintas di sipirok karena membawa hasil kayu jarahan .

  15. KAMI WARGA SIPIROK MOHON SUPAYA BUPATI,KAPOLRES DAN DPRD TAPSEL BERSATU PADU DENGAN RAKYAT MENOLAK AKTIFITAS PERUSAHAAN TPL MENGHANCURLEBURKAN HUTAN DI TAPSEL INI UNTUK KELESTARIAN ANAK CUCU KITA NANTINYA. TUTUP TPL

  16. SUDAH MULAI NAMPAK PEGAWAI PERUSAHAAN TPL SUDAH BUKABUKAAN RAHASIA MASING-MASING. KAMI ATAS NAMA MASYARAKAT SIPIROK TETAP MENOLAK TPL DI SIPIROK DAN TETAP BLOKADE TRUK – TRUK TPL YANG MELINTAS DAN MENGANGKUT KAYU DARI HUTAN DI TAPSEL DAN KHUSUS SIPIROK. KECET MA I SI

  17. apa kalian tidak bisa lagi bersatu sebagai sesama karyawan di TPL ini.??saya brusan ditegur bos sukamto tanoto dari singapura supaya meredam demo besar-besaran ke TPL . kalau anda – anda perang kata – kata makaTPL ini akan hacur sendiri dan tutup nantinya. selesaikan baik2 dengan masyarakat.

  18. kalau Direktur TPL menabuh perang dengan perusahaan aqua farm … maka kami simpatisan dan pekerja aqua farm akan mendemo besarbesaran perusahaan TPL yang melintasi parapat dan aek nauli smpai kawasan hutan sibaganding, truk – trk TPL tidak boleh lintas . Sekarang TPL merambah hutan juga diwilayah TELE dengan illegal loggng kayu alam dan somil di kab.humbahas dankami akan turunkan LSM dan pecinta lingungan mengungkap kasus illegal loggng TPL SEKARANG di kab. humbahas dan skitarnya. TUTUP TPL

  19. te ni horbo do haroa par perusahaan TPL Porea on ate apalagi si tagor manik na mengaku2 direktur ni indorayon najolo i. Jangan TPL mencampri urusan AQUA FARM … karen perusak lingkungan danau toba adlh perusahaan toba pulp lestari sampai sekarang.

  20. Hallo Chairuddin Pasaribu , kau gak usah cakap. Apa memang benar kau Pasaribu ? Kau sudah pensiun dari TPL ngapailah ikut campur lagi.Sudahlah … biar saja kami yang bermain

  21. ingat IR. Tagor Manik DIREKTUR HUMAS TOBA PULP LESTARI . saya dipenjara disiantar karena ulah anda dkk dan TPL di Simalungun perkara illegal logging 4 tahun lalu. sekarang aku sudah bebasssssssssss…………….. tagor manik , ………….. saya akan bongkar kasus kalian di hutan kawasan Rondang dengan dishut simalungun dan perusahaan anda TPL adalah pelaku illegal logging dan sudah sampai ke Jakarta . saya tunggu anda dkk di siantar ate … sa huribak TPL mi

  22. bah…ngasega ho lae tagor….nungga kaluar sianton sinaga lae…..boha ma nuaeng……..biasana da ba….molo marutanag…..ikkon gararon doi…..laen dope bungana lae……ah…..ngasega ho.. lae…..

  23. sama kenal juga lae tagor dari siregar aku juga uda kangen ama lae kawan dari dishut simalungun lae ama si anton sinaga orang dishut simalungun pas kita di aek nauli yang tertangkap dan dipenjara si anton sinaga lae. kan lae tagor yang kasi ijin kayunya tapi si anton yang tertangkap dipenjara sekarang si anton sinaga uda bebas lae di siantar

  24. ingat kau tagor manik sama aku si marihot dari rondangsipanganbolon dulu . tinggal di medan aku sekarang tapi sering juga ke lokasi kalian indorayon dibeberapa kab.. kapan kita jumpa dulu lae minum – minum banyak aku denganr info banyak lae MENOLONG orang kawan kawan yang melapor ama aku. salam lae tagor manik

  25. kok banyak kali ama lae tagor orang-0rang antipati sama lae. masih tamatan USI Simalungun uda gembargembor kali lae. saya aja dari IPB Bogor biasa – biasa ajanya. kita sama-sama kerja yang normal aja jangan terlalu maju lae

    • Jangan banyak cakap kau tagor …. tau dirilah kalau sdh merampok, hadapi cecunguk doloksanggul yang bikin kau pusing, sanggup ngga…menghadapi cecunguk itu ……jgn sama yang lain kau besar cakap…

  26. lae tagor masih alumni usi simalungun kok banyak kali lae orang0rang antipati sama lae. sama – samanya kita kerja. tapi tak perlu gembargembor, saya dari IPB saja tidak sepeerti laeku. biasa ajalah. malu maluin USI aja lae

  27. Setelah kami baca – baca dari banyak komentar2 untuk Perusahaan PT.TOBA PULP LESTARI TBK ternyata ada katanya beberapa karyawannnya termasuk dengan jabatan direktur humasnya yang mengubah lahan hutan konsesi negara menjadi miliknya sendiriv di kab.simalungun. akan ditindaklanjuti kebenarannnya oleh aparat negara RI. salam untuk informasinya untuk kepentingan negara RI

  28. sama-sama alumni sian USI Universitas simalungun do hita lae tagor manik… unang pala pajago – jago hon hita mambabat hutan di sidimpuan i songon na dibaritahon koran i… porsea hami memang holan pahabisson hutan di indorayon i ala disi lae tagor mangan kan. pasoma lae tagor arogansi mi

  29. Wah… Khusus Tagor Manik & Chairuddin Pasaribu, Arogansimu ternyata tidak hanya di dunia nyata bung, Sepertinya tidak lama lagi kita bakal akan ketemu kembali. Hasil dari pertemuan yang diberitakan tersebut di atas, sangat jelas bahwa Pihak Masyarakat Sipirok melalui hatobangon, harajaon dan elemen lainnya sangat menghargai upaya penyelesaian konflik ini dengan menghadiri pertemuan yg mediasi oleh Pihak Polres Tapsel. Salah satu hasil pertemuan itu sudah sama-sama kita ketahui bahwa pihak perwakilan Masyarakat Sipirok telah bermohon agar pengangkutan kayu untuk sementara di hentikan dahulu untuk tidak memicu terjadinya konflik kembali. Sampai saat ini sedikit pun pihak TPL sepertinya tidak menggubris bahkan terkesan menganggap remeh Masyarakat Sipirok dengan tetap dilewatkannya truk truk pengangkut kayu diwaktu siang bolong Bahkan di hari Kamis sekalipun (hari pekan di pasar Sipirok )yang syarat dengan kerumunan orang dan kenderaan yang parkir di pasar sipirok yang sangat mengganggu kelancaran lalu lintas. Hal ini sebenarnya pernah saya pertanyakan kepada Pihak Polres Tapsel sebagai mediator dalam acara tersebut, tetapi barangkali karena kesibukan menghadapi gejolak-gejolak di Kecamatan Batang toru dan Kabupaten Palas akhir akhir ini menyebabkan terlupakannya pekik jeritan kami… mudah mudahan saja hal ini tidak berlarut larut mengakibatkan terjadinya hal hal yg tidak kita inginkan bersama seperti yang di khawatirkan oleh utusan Masyarakat yg hadir dalam acara tersebut….

  30. Banyak info dari pihak penutup TPL katanya orang-orang perusahaan TPL ini selalu bawa2 aparat juga humasnya bawa2 aparat mengawal mereka menghadapi masyarakat. saya asli putra daerah masyarakat Sipirok mari kita stop kegiatan TPL dari Sipirok ini dan bila mereka dibekap APARAT APARAT …mari kita BUKA debat terbuka masyarakat dan TPL di Sidimpuan kita undang tokoh2 dan pejabat asal Sipirok dan JENDERAL – JENDERAL dari Tapsel ini menghadapi humas TPL itu. salam dari Sipirok Dolok Hole

  31. salam HORAS …untuk kita semua pihak pendukung PENUTUP PERUSAHAAN TPL Indorayon

    saya asli dari POLLUNG KAb. HUMBAHAS , pencetus DEMO tutup TPL di Kab. Humbahas Dolok Sanggul. lokasi desa kami sekarang porak poranda dibuat TPL… Jalan umum rusak parah karena logging TPL… LADANG KAMI DISEROBOT dan dirambah TPL… Kemenyan yang ditanam dan dijaga Oppung2 kami dulu ditenang tanpa KASIHAN oleh TPL… dan mata air di lokasi TELE habis karena penggundulan HUTAN oleh Bangsat TPL… DAN banyak lagi kesengsaraan kami masyarakat di POLLUNG Humbahas. supaya ini jangan terulang dimana – mana TPL beraksi… mari kita dukung TUTUP TPL…. sI BAGUDUNG Tagor Manik Manager HUMAS TPL orang siantar adalah orang TPL yang suka membawa2 aparat menakutnakuti masyarakat …. untuk dijarah tanah dan kayunya untuk TPL . ini orang Lae perlu dikasi pelajaran… sama seperti kita dari kampung juganya si tagor manik itu… pembawaannnya perasaan orang penting TPL … hanya makan gajinya itu dari TPL . kalau perlu KLae untdang aja humasnya itu jumpa di SiDIMPUAN KITA LIAT DLU nYALINYA …. jangan asal nantang kita di media bela2in TPL itu. HORAS Tutup TPL

  32. horas dongan sasudena ditano batak, tanyakan dulu lae jhoniallen marbun, sibagudung tagormanik dan si latteung chairuddin pasaribu ini kampungnya dimana, kenapa suka kali menantang masyarakat, apa bukan batak mereka ini, tak adapun kulihat ada rasa cinta kepada tanah leluhur dan rasa damai kepada sesama saudara. kita semua telah tumbuh besar bersama alam dan kampung halaman kita, mari kita jaga dan lestarikan alam…….sadarlah…….lae….tagor…..songoni muse ho…..lae chairuddin…..horas

  33. Tagor Manik Humas TPL jangan kau coba2 merusak lokasi kemenyan di kampung saya di Pollung. saya putus kau mengganggu di tanah kelahiranku.

  34. Kami masyarakat desa Sianipar Laguboti meminta pemerintah dan pemerhati lingkungan tutup TPL karena limbah pabriknya sudah menjadi RACUN merusak pernafasan di sekitar porsea dan tobasa semuanya juga tidak mau mempekerjakan masyarakat sekitar… hanya pakai cina hitam dari medan. tutu ma i TPL .

  35. satu kata untuk TPL.god bye. mari masyarakat luas di SUMUT untuk menutup TPL perusak tatanankehidupan berbudaya di SUMUT dan perusak kelestarian hutan dan sumber alamnya. horas

  36. tutup TPL dari bumi Toba Samosir. penghancur hutan dan danau toba. tutup TPL bencana di setiap kabupaten, khususnya di habinsaran Kab. tobasa. sekali lagi mari TUTUP TPL

  37. yang membekap TPL adalah Direktur Humas Tagor Manik yang pernah datang ke Jakarta mengurus ijin penebangan hutan di lokasinya di sihaporas simalungun. beliau dekat dengan DPD Bung Parlindungan Purba . saya tidak tahu kok karyawan TPL punya tanah seluas ratusan ha pinus itu dilokasi register simalungun dekat lokasi kerjanya dikonsesi TPL . Mohon di lanjuti oleh pihak berkompeten.

  38. salam untuk komentar – komentar miris untuk perusahaan TPL dulu indorayon…
    saya tahu banyak sebenarnya pihak 2 yang sudah jenuh dan muak melihat sepakterjang konyol TPL ini di tano batak kita. banyak komentar2BERALASAN menyarankan TUTUP TPL saja dan saya sependapat juga lebih bagus ditutup tpl itu . beberapa anggota DPR RI dan pemerhati lingkungan di PUSAT yang asli dan kerabat dari tano batak juga menyarankan TPL TUTUP. kita liat masalah kemenyan di pollung humbahas menyengsarakan rakyat, pantas Bung Lumbangaol DARI POLLUNG MENYATAKAN TUTUP TPL , di taput penggundulan hutan membuat danau toba rusak maka TPL disarankan tutup oleh Bung Efendi Simbolon, DR..Anton Sihombing menyarankan Tutup TPL, Nurdin Tampubolon dari Tobasa menyarankan TUTUP TPL dan sederet lagi anggota DPR RI menyarankan TUTUP TPL karena menyengsarakan rakyat dan merusak lingkungan di tano batak ini. daripada merusak kita di tano batak, salam dari negeri peratauan mendukung TUTUP TPL Indorayon

  39. salut untuk Bang Morniff Hutasuhut. benar itu Bang

    saya ahli PETA planning yang pernah kerjasama di INDORAYON TPL dulunya ,dari 8 konsesi hutan HPHTI PT.TPL sekarang ini ada di 8 kab. samosir, humbahas, dairi pakpak bharat,simalungun, taput , tapsel, tobasa………… seluruhnya masih belum final t\TATABATAS sesuai KEP.menhut RI. HANYA konsesi di Simalungun yang suah ditatabatas ulang dan bertemu lingkaran….. hutan. sedangkan di 7 kab diluarnya simalungun belum pernah ditatabatas alias overlap dengan milik masyarakat dan register. di simalungun pada saat tatabatas ada beberapa karyawan TPL yang bermain dengan dishut setempat bagian PETA yang mengeluarkan batas konsesi milik warga atau register menjadi milik atas nama sendiri…. ada banyak karyawan TPL memiliki tanah tersebut. di simalungun … menunggu disergap KPK nantinya….. dan mereka – mereka itu bela2 matian TPL supaya supaya tetap dibackup TPL dan tidak terkuak kepermukaan diketahui masy…..luas …..kedepan kita buka 2an bagaimana TPL MENGUTAKATIK hutan RI ini dengan pedoman kephut thn.92 itu… yang nota bene kondisi dilapangan tidak benar demikian alias TPL …..ekspansi ke lokasi TANAH masyarakat. Jadi dibalik gaji karyawan TPL itu …. lebih ngeri ..adalah bila kasus tanah – tanah sudah ada yang bocorkan ke aparat negara … milik karyawan TPL itu dibuka ke publik. karena TPL adalah RAJA TAMAK di tano BATAK . mau kuasai kayu trus tanahnya trus orangnya mau dijadikan bubur kertas . salam….Tutup TPL

  40. Soal Hukum Kehutanan, Morniif memang ahlinya ………dan sudah terbukti…….lanjutkan Monef…selamatkan hutan Tapsel…..dan Selamat berjuang sahabat……..

  41. TPL punya izin Menhut sejak Indorayon 1992 memang benar, tapi izin memberi hak sekaligus kewajiban. Faktanya kewajiban TPL untuk dalam waktu 36 bulan setelah terbit izin 1992 harus telah selesai menatabatas, sampai kini 20 tahun kemudian mana Penataanbatas TPl yang sudah disahkan Menhut?
    TPL punya RKT berdasar wewenang self approval yang diberikan Menhut memang benar, tapi mana kewajiban TPL mematuhi Peraturan Menhut No. P.50/Menhut-II/2011 bahwa semua hak rakyat yang telah ada sebelum izin TPL diakui? Apa TPL boleh buat RKT yang tumpang-tindih dengan tanah hgak milik rakyat?
    Apa topeng izin RKT boleh jadi topeng administrasi melindungi penjarahan tanah hak milik rakyat? Faktanya, TPL tidak mampu melaksanakan wewenang self approval menyusun sendiri RKTnya karena terbukti RKT TPL semrawut amburadul cacat-hukum karena melanggar hak kepemilikan rakyat yang diatur Permenhut No. P.50/Menhut-II/2011.
    Tak usah ajari masyarakat Padangsidimpuan soal aturan hukum kehutanan, izin TPL bukan berarti TPL boleh kangkangi Peraturan Menhut yang mengatur hak milik rakyat. PP No. 26 Tahun 2005, Permenhut No. P.47 Tahun 2010, Permenhut No. P.50 Tahun 2011 adalah perangkat lengkap aturan Kemenhut yang mesti dipatuhi semua pemegang izin kehutanan secara utuh.
    Hak TPL yang diberikan Menhut silahkan laksanakan, dengan catatan sepanjang tidak melanggar peraturan Menhut yang memberi hak rakyat.
    Udah ngerti kalian para pemakan gaji TPL?

    • pak achmad … ngga usah pusing kita gara2 izin TPL ataupun RKT nya….prinsipnya izin TPL berada pada register hutan yang berfungsi produksi, jadi kalau memang tanah masyarakat dirambah TPL….contoh masyarakat pollung kab. humbahas yang dengan semangat perjuangan nya melawan TPL beserta aparat keamanan yang melindunginya.. meskipun akhirnya sangat disesalkan terjadinya pembakaran alat berat..tapi itu menunjukkan bahwa kesabaran masyarakat sdh habizz….

  42. Tigor.. hati hati omonganmu di sidimpuan ya. gara – gara bela2 habisan tpl kau hancurkan hutan yang telah dijaga ompung – ompung kami dari dulu…. sekarang seenak mu ngomong untuk dibabat habis TPL . brani kau pasang badan ya melawan rakyat… masyarakat desa SIPANGIMBAR Sipirok tutup jalan untuk logging TPL bila perlu gantung orang – orang yang merambah hutan kita… horas sipirok

  43. setelah saya ikuti NewsapakabarSidimpuan akhir2 ini ternyata mendiskreditkan TPL dan banyak kebohongan 2 ….yang digemborgemborkan orang yang ANTI TPL INDORAYON . saya sebagai manager humas TPL di Porsea beralamat di depan markas brimob kota siantar mari kita siapa kita yang BENAR. satu kata kami hanya mengikuti program pemerintah menebang dan menanam hutan kembali … dan tidak pernah kami menjarah tanah masyarakat. kalaupun ada beberapa tanah masyarakat terlanjur kami tebang kami minta maaf , seperti lokasi kemenyan di Pollung humbahas sekarang tidak ada lagi demo karena perwakilannnya sudah kami dekati di humbahas . walaupun kami staff TPL banyak dihubungi pers – pers dari Sidimpuan karna kami kebetulan sangat SIBUK. Kalau mau bertemu saya sebagai humas senior TPL , mari datang ke UNILAND lantai 7 Medan. kalau pers dan lsm kurang puas nanti dengan jawaban kami akan saya berikan ongkos pulang pp ke sidempuan.

  44. untuk LSM dan tokoh masyarakat Tapsel yang Menolak keberadaan TPL di Sidempuan hadapi saya di kantor uniland medan. kami TPL sah mengambil hasil hutan … tidak benar menjarah tanah masyarakat sedempuan… kami ada RKT dari menhut. jadi jangan disama ratakan . TPL adalah perusahaan PMA dan disetujui pemerintah RI dan asset negara RI. sudah ngerti ya masyarakat Sidempuan

    • pak pasaribu yang terhormat…..manalah tau pak menteri tentang tanah yang menjadi areal kerja TPL….yang ada khan cuma peta…jadi pak pasaribu sebaiknya santun dalam bertutur bahasa biar masyarakat dengan damai mau mendengar tentang perusahaan yang bapak pimpin….ngga usalah kalian itu merasa benar hanya gara2 dokumen legal yang kalian punya tetapi merasa benarlah jika kalian bisa menjelaskannya secara baik kpd masyarakat…cam kan baik2 pak pasaribu

  45. Benar itu Pak Hutasuhut.

    TPL hanya menakutnakuti masyarakat bawa aparat entah apa lagi namanya. setahu saya beberapa kali mengikuti kasus HPHTI TPL tidak pernah beres bayar Dana Reboisasi dan ambil kayu alam MHW tanpa bayar ke Negara RI ini bermain dengan dishut setempat. juga saya mengikuti kasus perampasan tanah yang diklaim TPL miliknya karena diberi ijin negara dibeberapa sektor – sektor di sumut. kalau TPL tetap menghancurkan dan menyengsarakan rakyat baikknya tetaplah kita surati pemerintah tutup TPL itu. beberapa karyawan dan humas TPL nya juga mafia tanah – tanah garapan claim areal di lokasi menjadikan milik semdiri.salah satunya Tagor manik direktur humas TPL MEMILIKI AREAL hutan pinus di lokasi SIMALUNGUN seluas 100 ha d desa aek nauli sihaporas simalungun , yang dulunya tanah register kok jadi milik sendiri. ada juga humasnya JASMIN PARHUSIP miliki tanah sawir di RONDANG simalungun 100 ha hasil konkalikong berlindung dibalik TPL dan konsesi HPHTInya. humas lainnya LAMBERTUS SIREGAR juga punya lokasi di ….. dan banyak karyawannnya berlomba – lomba menyerobot tanah disekitar HPHTI untuk dijadikan milik sendiri. sekarang mari kita tuntuut TPL dan oknum yang berlindung dibalik kephut RI merampas tangah negara dan rakyat jadi milik sendiri. jangan sampai aksi mereka TPL mendekat dengan kita di tapsel ini. SATU KATA …………… tutup TPL INDORAYON

  46. Paten bang, Mainkan aja kita mau lihat siapa yang berani ngacak2 hutan kita ditapsel, sdh banyak kecolongan lahan tapsel ini, kita harus bangunkan masyarakat kita, agar sadar dan cinta dengan kampung halamannya sendiri ( tano tubu ).

  47. Lima periode bupati Tapsel enggan rekom TPL tebang, demi hindari konflik vertikal dengan penduduk terutama di Angkola Timur dan Sipirok. Kini mentang ada orang dekat Sukanto Tanoto semarga dengan bupati, lantas merasa gampang`jajah` pribumi lokal? Entar dulu boss, kehadiran kalian disini kan lantaran anggar keputusan menhut lantas merasa punya hak? Silahkan aja ngoceh gitu sama para tauke berduit pemborong tanah pendatang dari Kota Padangsidimpuan yang konon belakangan nongol andal surat tanah tahun tinggi. Tapi kalau ada keputusan menhut yang mengakui hak penduduk yang telah ada sebelum areal tsb ditunjuk (thok) menjadi kawasan hutan dibuktikan dengan dokumen otentik, lalu situ mau apa? Ganggulah, biar jumpa dulu kita di Gedung Manggala Wanabhakti. Owner TPL yang ngasi situ gaji, paling banter bawa kumpulan purnawirawan dan pensiunan pejabat tinggi. Kami bersama rakyat penduduk akan didampingi Komisi II DPR-RI, Komisioner KomnasHam, eksekutif nasionalLembaga Adat Nusantara, Konsorsium Pembaruan Agraria, Walhi, LBH, Kontras. Kalian anggar Surat Keputusan Menhut No. 493/Kpts-II/1992, kami andalkan Pemenhut No. P.50/Menhut-II/2011. Jadi kapan kita buka front? Bukan memancing demo otot di lapangan, boss, tapi uji intelektualitas dan kredibilitas terbuka di depan publik terutama sorotan blitz media nasional. Tapi warming-up dulu alias uji-coba ya? Mana lebih tinggi, keputusan menhut atau peraturan menhut? Udah jelas atau belum, boss?

  48. kalau dibilang TPL itu adalah sama dulu sampe sekarang hanya mengandalkan aparat menakutnakuti rakyat. dasar taipan sukamto tanoto merektur karyawan batak untuk digaji memakan batak. saya sudah merasakannnya .saya dulu mendemo tpl trus digaaji tpl sampe sekarang aku yang mengkoordinir tpl untuk merambah hutan . siapa melawan tpl aku lawannnya simon sidabukke humas tpl di porsea sekarang hutan dari tapsel yang akan kami jadikan bubur kertas karena hutan lainnnya sudah kami habiskan. tapi kita liat dulu apa berani masyarakat itu demo tpl

    • pak simon…yg gagah berani…. demonstrasi masyarakat itu biasa, tapi yg luar biasa adalah jika pabrik anda tutup gara-gara ngga ada kayu…. biar aman pak simon kasilah cd TPL itu ke masyarakat sekalian juga ke rekan2 tim yang memfasilitasi lancarnya pengiriman kayu…..aman keliling lah bozzzz…..

  49. satu kata TUTUP TPL INDORAYON dulunya
    hanya menyengsarakan rakyat. 8 kabupaten di sumut sudah dihabiskan hutannnya danpohonnya oleh bangsat TPL sekarang menuju ke P Sidempuan Sipirok dan lokasi ARSE sampe gunung tua.
    mari kita tutup tpl itu, menghancurkan alam hutan, merusak jalan – jalan dan limbah merusak kesehatan manusia. pelakunya juanmda panjaitan si tagor manik babi lambertus babi dan kk.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*