KONGRES PSSI, Nurdin Pecat Persema dan Persibo

Kongres II PSSI telah resmi berakhir sekitar pukul 16.00 Wita sore tadi. Dalam kongres ini PSSI memecat dua klub anggotanya, yakni Persema Malang dan Persibo Bojonegoro, yang memilih berlaga di Liga Primer Indonesia. Sementara PSM Makassar akan menyusul dipecat jika hari ini melakoni pertandingan LPI melawan Persema Malang.

1257193620X310 KONGRES PSSI, Nurdin Pecat Persema dan Persibo
Aktivis memasang baliho jelang Jambore Perubahan Sepak Bola Indonesia di Tugu Proklamasi, Jakarta, Kamis (20/1/2011). Aliansi Suporter Indonesia dan komunitas Save Our Soccer menggelar Jambore Perubahan Sepak Bola Indonesia hingga 24 Januari, bersamaan dengan Kongres Tahunan PSSI di Bali. Jambore ini sebagai wadah bagi para pencinta bola untuk mengkristalkan tuntutan memperbaiki kondisi sepak bola nasional

Kedua klub yang mengikuti liga lain di wilayah PSSI ini telah melanggar statuta PSSI Pasal 85, yakni mengikuti kompetisi di wilayah kewenangan asosiasi tanpa izin PSSI dan FIFA.

“Komite eksekutif telah memutuskan pemecatan Persema dan Persibo tanggal 13 Januari lalu. Anggota yang dipecat diberi hak membela diri sampai kongres. Tapi, sebelum pengambilan keputusan, PSSI tidak menerima hak tersebut secara tertulis,” ujar Ketua Umum PSSI Nurdin Halid saat konferensi pers hasil Kongres PSSI, sore ini.

Dalam kongres tadi seluruh peserta menyetujui pemecatan Persema dan Persibo. “Mulai hari ini Persema dan Persibo beserta seluruh klub anggotanya tidak ada hubungan lagi dengan PSSI,” katanya. Nasib PSM Makassar akan sama seperti dua koleganya jika sore ini menjalani pertandingan LPI melawan Persema Malang.

“PSM telah dihukum oleh Komdis, yakni dengan terdegradasi ke Divisi I. Apabila PSM Makassar bermain di Malang dalam liga hiburan, LPI, maka PSM juga dipecat dari PSSI,” kata Nurdin. (kompas.com)

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 10 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.
Baca Juga :  DPP-IMA Madina Somasi PT. Sorikmas Mining

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*