Kontes Robot Tim Robot Indonesia ke Kontes Robot Inte

Tim robot Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS) Institut Teknologi Sepuluh November akan mengikuti kontes robot internasional ABU Asia Pacific Robot Contest 2010 pada 20-21 September 2010 di Kairo, Mesir. Tim robot ini pernah menjadi juara pertama di Fukushima, Jepang pada tahun 2000.

1258339p Kontes Robot Tim Robot Indonesia ke Kontes Robot InteMenteri Pendidikan Nasional Mohammad Nuh di Jakarta,Jumat (17/9/2010), melepas keberangkatan Tim robot bernama Mio rEi tersebut. Anggota tim ini adalah Bayu Sandi Martha, M Ali Anang Lubis, Rahardhita Widyatra Sudibyo, Zainul Arifin, Putus Dadar Gumilang, dan Adityo Sarjono. Mereka mewakili Indonesia setelah menjadi juara pada ajang Kontes Robot Indonesia 2010 pada Juni lalu di Universitas Muhammadiyah Malang. Pada ajang itu, Mio-rEi juga dinobatkan sebagai robot dengan strategi terbaik.

Nuh mengatakan, keikutsertaan Indonesia pada kontes robot dunia ini adalah untuk kesembilan kalinya. “Targetnya adalah juara, karena mereka pernah jadi juara,” kata Nuh yang didampingi Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Djoko Santoso dan Direktur Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Ditjen Suryo Hapsoro Tri Utomo.

Tim Indonesia akan berkompetisi dengan 16 negara peserta dan 17 tim. Saingan terberat yang dihadapi adalah China, Vietnam, Malaysia, dan Jepang.

Direktur PENS ITS Dadet Pramadihanto menjelaskan, dalam lomba robot berkompetisi menyusun bangunan piramida yang terdiri atas tiga bagian. Tim Mio rEi mengalami peningkatan kecepatan menyusun piramida sejak menjuarai KRI 2010.

Baca Juga :  Alamak, 7 Persen Bayi Lahir Langsung Punya Email

Sumber : http://edukasi.kompas.com/read/2010/09/17/22550268/Tim.Robot.Indonesia.ke.Kontes.Robot.Inte-5

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 10 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*