Kontroversial, Suplemen ASI untuk Binaraga Sudah Populer Sejak 2000-an

Jakarta, ASI (Air Susu Ibu) tengah populer di kalangan binaragawan Amerika Serikat karena diklaim bisa menjadi sumber energi dan protein. Menurut praktisi kesehatan, tren kontroversial ini sudah dikenal sejak tahun 2000-an.

“Ide minum ASI di kalangan gym rat (sebutan untuk penggemar fitness) sebetulnya sudah cukup lama, sejak era tahun 2000-an. Ide ini kembali menghangat sejak 2010-an,” kata dr Phaidon L Toruan, seorang praktisi hidup sehat saat dihubungi detikHealth, seperti ditulis Senin (9/6/2014).

Penelusuran detikHealth, tren minum ASI di kalangan orang dewasa memang cukup populer di forum-forum binaraga. Salah satunya bisa ditemukan di forum bodybuilding.com, seperti dikisahkan salah seorang member dengan akun bernama Lefticle.

I made the greatest gains of my life on breast milk, an unrivaled 35 pounds in ten months. If you were to ask me now what I thought was the supplement that gives you the best value, I’d say breast milk,” tulis akun tersebut, pada Oktober 2011.

Menurut dr Phaidon, klaim seperti itu adalah klaim ‘abal-abal’ alias tidak ada dasarnya. Penambahan massa otot bukan hanya ditentukan oleh konsumsi susu, melainkan oleh banyak faktor seperti intensitas latihan, teknik latihan, serta asupan makanan yang sehat sekaligus lengkap.

“Klaim seperti ini cuma ‘abal-abal’. Hanya berupa pengakuan, dan tidak ada pengukuran yang valid,” tegas dr Phaidon.

Baca Juga :  Inilah Alasan Kita Mulas Setelah Minum Kopi

Meski ASI kaya akan protein, dr Phaidon mengingatkan bahwa yang terpenting dari protein adalah kuantitas yang dinyatakan dalam gram dan bukan sekedar persentase. Penggemar olahraga angkat besi umumnya membutuhkan minimal 1 gram/kg-berat-badan/hari, yang bisa dipenuhi dari sumber makanan lain seperti daging dan ikan./detik.com

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 6 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*