Korban Tewas Banjir Bandang Wasior Mencapai 124 Orang

TEMPO Interaktif, Manokwari – Hingga Sabtu (9/10), jumlah korban banjir bandang di Wasior, Kabupaten Teluk Wondama, Papua Barat, telah mencapai 124 tewas, 66 hilang, dan 185 lainnya luka berat.

“Data ini dari posko penanggulangan bencana, hanya saja datanya terus berubah tiap saat,” kata Eka Woysiri, Asisten III Pemerintah Kabupaten Teluk Wondama, Sabtu.

Eka mengatakan, saat ini, bantuan ke Wasior sudah tercukupi. “Bantuan sudah berdatangan, dari pemerintah, DPR, Pemerintah Papua, Papua Barat, dan dari pihak swasta,” ujarnya.

Sementara itu bantuan kepada korban banjir dari Palang Merah Indonesia (PMI), rencananya diberangkatkan hari ini dari Manokwari menuju Wasior. Bantuan berupa ratusan alat kebersihan, sekitar 10 petugas medis, selimut, tenda dan juga tim khusus untuk penanganan air bersih.

Bantuan yang telah sampai di Wasior antara lain dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana Pusat. Bantuan tersebut berupa 2 ton obat-obatan dan 12 ton bahan makanan. Semua bantuan ditampung sementara di posko pengungsian bencana Wasior dekat Bandara Wargono.

“Sementara untuk pencarian korban, masih terus dilakukan, hanya saja selain terhambat oleh reruntuhan, juga karena bau mayat. Tapi kami masih terus mencari, kami hanya butuh masker dan sarung tangan,” kata La Abidin, Ketua PMI di Wasior.

Korban banjir Wasior selain diberangkat ke Nabire dan Manokwari juga menempati daerah perbukitan. Belasan keluarga diketahui bermalam di tenda darurat yang dibangun secara swadaya. Mereka mendapat makanan dari posko bantuan dan umbi-umbian dari hasil kebun.

Baca Juga :  Ketua Panita Lelang Simulator SIM Jelaskan Keterlibatan Sejumlah Anggota DPR

Sumber: http://www.tempointeraktif.com/hg/nusa_lainnya/2010/10/09/brk,20101009-283573,id.html

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 10 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*