Korut Perintahkan Siaga Perang!

SEOUL – Pemimpin Korea Utara (Korut) Kim Jong Il memberikan perintah kepada jajaran militernya untuk siaga perang dengan Korea Selatan (Korsel). Kondisi ini menambah ketegangan antara kedua negara tetangga tersebut, menyusul tuduhan Korsel terhadap Korut yang dianggap menenggelamkan kapal perang mereka.

Kapal perang Cheonan yang menjadi biang ketegangan (Foto: AP)

Seperti dilansir Reuters, Selasa (25/5/2010), perintah Kim ini diketahui oleh sebuah kelompok pemerhati Korut, yang menyatakan perintah Presiden Kim tersebut telah disampaikan kepada pejabat tinggi militer Korut.

Ketegangan juga terus meningkat di Semenanjung Korea setelah pihak selatan mengajukan sanksi terhadap tetangganya. Korut memang dituduh oleh Korsel sebagai pelaku utama tenggelamnya kapal perang Cheonan yang pada Maret lalu. Insiden tersebut menyebabkan tewasnya 46 pelaut Korsel.

Kemarahan Korsel makin meningkat saat Korut menuduh mereka telah memalsukan bukti yang menenggelamkan Cheonan. Presiden Korea Selatan Lee Myung Bak menandaskan bakal membekukan kerja sama perdagangan tetangganya itu. Namun pembekuan tersebut tidak mempengaruhi wilayah kawasan industri Kaesong yang berada di zona demiliter kedua Korea.

Lee juga menuntut permintaan maaf dari Pyongyang karena telah menenggelamkan Cheonan yang berbobot 1.200 ton itu. Kemarahan itu semakin menjadi. Bukan hanya kawasan perairan saja yang terlarang bagi Korut, tetapi juga teritori ruang udara dan militer.(faj)

Sumber: http://international.okezone.com/read/2010/05/25/18/336072/korut-perintahkan-siaga-perang

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 11 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.
Baca Juga :  BBM Naik, India Lumpuh

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*