Kota Sidimpuan Layak Miliki Universitas Negeri

P.Sidimpuan, (Analisa)

Berdasarkan jarak yang cukup jauh dengan Ibukota Provinsi Sumatera Utara, Kota Padangsidimpuan layak memiliki Universitas Negeri sendiri.

Demikian Walikota Padangsidimpuan Drs. H. Zulkarnaen Nasution MM didampingi sejumlah kepala SKPD dalam konfrensi pers diruang kerjanya , baru-baru ini.

Dikatakan, kebutuhan akan Universitas Negeri ini sudah sejak lama dirasakan, namun sulitnya proses administrasi yang harus dilalui membuat hal tersebut terkendala .

“Sudah sejak lama kita memperjuangkan agar di daerah ini berdiri Universitas Negeri, namun sampai saat ini keputusannya belum juga turun dari pemerintah pusat, “katanya

Walikota mengatakan, sejak dahulu Padangsidimpuan sudah terkenal sebagai salah satu kota pendidikan di Provinsi Sumatera Utara. Terlihat dari puluhan sekolah hingga perguruan tinggi yang berdiri didaerah ini .

“Puluhan sekolah dan perguruan tinggi ini merupakan bukti nyata kalau Padangsidimpuan sampai kini menjadi salah satu pilihan masyarakat Tabagsel dan sekitarnya untuk menuntut ilmu pengetahuan, “katanya.

Ditambahkannya, ditahun 70-an, USU Fak Hukum dan IKIP Negeri cabang Medan sempat berdiri beberapa tahun di Padangsidimpuan, namun karena adanya kebijakan baru dari pemerintah pusat sehingga kedua perguruan tinggi tersebut akhirnya ditarik ke ibukota provinsi.

“Dibukanya cabang USU dan IKIP di P.Sidimpuan di era 70-80an merupakan salah satu pengakuan kalau sesungguhnya di daerah ini sudah sangat pantas memiliki Universitas Negeri, “katanya

Dijelaskannya, Padangsidimpuan saat ini memiliki puluhan perguruan tinggi antara lain, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN), Universitas Muhammadiyah Tapsel, Universitas Graha Nusantara (dulunya cabang Ikip Negeri Medan ), STKIP, STIKOM, UISTA, Pertinu dan lain-lain.

Untuk Graha Nusantara kata Walikota nantinya akan diusahakan menjadi Uniersitas Negeri.

“Pemko P.Sidimpuan dan Pemkab Tapsel masih terus berupaya agar UGN berubah status menjadi negeri, “katanya.

Sedang mengenai STAIN Walikota mengatakan kalau untuk bidang keagaman memang kita sudah memiliki perguruan tinggi negeri, namun daerah masih sangat membutuhkan Uniersitas umum yang negeri agar masyarakt Tabagsel dan sekitarnya tidak harus jauh-jauh lagi belajar ke luar daerah di masa ekonomi sulit seperti ini.

Diharapkannya, pemerintah pusat dapat segera merespon usulan pendirian Universitas Negeri ini di Kota Padangsidimpuan, karena sangat besar dampaknya bagi masyarakat Tapanuli Bagian Selatan dan sekitarnya.

“Semoga pusat dapat segera merealisasikan berdirinya Universitas Negeri di Padangsidimpuan karena akan sangat besar dampaknya bagi masyarakat Tabagsel dan sekitarnya,”katanya. (hih)

sumber: www.analisadaily.com

POST ARCHIVE: This content is 8 years old. Please, read this content keeping its age in Mind
google Kota Sidimpuan Layak Miliki Universitas Negerifacebook Kota Sidimpuan Layak Miliki Universitas Negeritwitter Kota Sidimpuan Layak Miliki Universitas Negerilinkedin Kota Sidimpuan Layak Miliki Universitas Negeriemail Kota Sidimpuan Layak Miliki Universitas Negeriprint Kota Sidimpuan Layak Miliki Universitas Negeri

1 Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*