Kota Sidimpuan Siaga I – Dua Personil Polres Tapsel Dibekuk Saat Pesta Sabu

(Analisa/hairul iman hasibuan) Kapolres AKBP Andi Syahriful Taufik bersama unsur Muspida tengah menunjukkan para tersangka dan barang bukti dalam paparannya di teras depan Mapolres P. Sidimpuan, Jumat, (30/12).

P. Sidimpuan, (Analisa). Kapolres Padangsidimpuan AKBP Andi Syahriful Taufik SIK bersama sejumlah personilnya berhasil membekuk lima tersangka narkotika, dua diantaranya personil Polres Tapanuli Selatan (Tapsel) disebuah rumah Jalan Merdeka Gang Thamrin (Sidogapdigap) Kecamatan Sidimpuan Utara, Kota P. Sidimpuan, Kamis (29/12).

Informasi dihimpun Analisa, penangkapan tersebut berawal saat sejumlah Personil Satlantas Polres Sidimpuan yang tengah melakukan razia kenderaan, terkejut melihat sebuah mobil avanza yang tiba-tiba menabrak mobil parkir di pinggir jalan beberapa meter dari Poslantas.

Para personil Lantas kemudian mendatangi dan memeriksa mobil yang dikemudikan AO, selanjutnya dibawa ke poslantas untuk pemeriksaan.

Di poslantas AO langsung mengambil sesuatu dari saku celana dan langsung memasukkannya ke dalam mulut.

Melihat hal itu, personil Lantas kemudian menyuruh AO untuk mengeluarkan barang itu dari mulutnya, ternyata 5 bungkus kosong kecil transparan yang tiga diantaranya berisikan narkotika jenis sabu-sabu. Kemudian ditemukan lagi 1 bungkus kecil sabu-sabu dari jok supir yang dikenderai tersangka.

Dari hasil pemeriksaan terhadap AO, Personil Polres P. Sidimpuan kemudian melakukan pengembangan yang dilanjutkan dengan penggerebakan dipimpin langsung Kapolres P. Sidimpuan di sebuah rumah Jalan Merdeka Gang Thamrin.

Empat Tersangka

Pada penggerebakan itu, berhasil diamankan empat tersangka lainnya masing-masing ENS (40) dan TMH (35) keduanya personil Polres Tapsel, serta AHG (38) warga Desa Sigoring Kecamatan SD Hole Kabupaten Tapsel, dan IMR (33) warga Jalan MT haryono Kampung Tobu Kota P. Sidimpuan.

Baca Juga :  Berburu "Spaghetti" Khas Tanah Batak di Tepi Danau Toba

Beserta para tersangka juga turut diamankan barang bukti berupa 22 plastik kecil berisikan narkotika golongan I jenis sabu-sabu. 10 bungkus plastik kosong kecil transparan. 3 buah handpone, 1 unit timbangan elektrik, 1 buah bong alat penghisap sabu-sabu, 1 buah gulungan foil, 1 buah mancis, 1 buah pipet warna putih transparan dengan selang kecil. 1 unit mobil avanza, serta uang tunai Rp 2.321.000.

Kapolres P. Sidimpuan AKBP Andi Syahriful Taufik S.IK MSi didampingi Kasat Narkoba AKP Timbul Sihombing serta para unsur perwira membenarkan penangkapan 5 tersangka narkotika itu.

“Kemarin, kita berhasil mengamankan lima tersangka narkoba yang mana dua diantaranya personil Polres Tapsel. Penangkapan ini berawal dari razia kenderaan yang dilakukan Sat Lantas didepan Poslantas Kota,” ujar Kapolres dalam paparannya di Mapolres, Jumat (30/12).

Dikatakan, saat ini kelima tersangka sudah diamankan di Mapolres P. Sidimpuan untuk penyelidikan lebih lanjut. “Kita tengah berupa mengungkap siapa diantara mereka berstatus bandar, karena dari nilai sabu yang diamankan mustahil kelas pemakai, “terangnya.

Ditambahkan, para tersangka dikenai Pasal 114 (2) UU RI No 35 Tahun 2009 tentang narkotika, Pasal 112 (2) UU/35 tahun 2009 tentang narkotika serta Pasal 127 (1) huruf a UU/35 tahun 2009 dengan ancaman berpariasi dari mulai dari 4 tahun, 20 tahun hingga hukuman mati sesuai pasal yang dikenakan.

Siaga I

Dalam kesempatan itu, Kapolres AKBP Andi Syahriful Taufik mengungkapkan, jika Kota P. Sidimpuan sudah masuk siaga I peredaran Narkoba. “Saya minta masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan, karena peredaran narkotika di kota ini sudah masuk siaga I, “ujarnya.

Baca Juga :  Satpol PP Padangsidimpuan Segera Razia Pedagang Petasan

Dijelaskan, barometer siaga I itu dapat dilihat dari banyaknya kasus peredaran narkotika yang melibatkan pihak sipil maupun personil polisi yang berhasil diungkap Polres Kota P. Sidimpuan. (hih)

analisadaily.com

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 8 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*