KPK Diminta Usut Proyek di Palas

Gerakan Mahsiswa Padanglawas (Gema Palas) meminta KPK (Komisi Pemberantasan Korupsi) mengusut dugaan penyelewengan proyek pembagunan perkantoran pemerintahan Pemkab Palas. Ini diungkap Ketua Umum Gema Palas, Ansor Harahap didampingi Sekjen Ahmad Habibi Dalimunthe dan pengurus lainnya, Minggu (9/5) kepada wartawan.

Mereka menilai, banyak kejanggalan dalam proyek multi years untuk alokasi pembangunan perkantoran pemerintahan yang berlokasi di Disbun Kelurahan Pasar Sibuhuan, Kecamatan Barumun.

Berdasar informasi yang didapat Gema Palas, tambahnya, dana yang dikucurkan pemerintah pusat sebesar Rp6.789.500.000 tahun 2009 untuk pembagunan prasarana dan sarana perkantoran pemerintahan Pemkab Palas, diduga telah dikorupsi.

“Pasalnya, Kadis PU Palas bersama Kabid Anggaran telah mencairkan dana tersebut ke pihak kontraktor sebesar Rp6,8 miliar sekitar Februari 2010 lalu. Sementara kegiatan pembangunan prasarana di lapangan masih belum terlihat sama sekali,” ucapnya.

Sementara itu, anggota DPRD Palas dari Fraksi PPP, Ir Samson Fareddy Hasibuan dan Erwin H Pane SH mengakui pembagunan proyek tersebut masih tergolong dengan persentase yang sangat kecil. “Hanya pelaksanaan pembuatan jalan yang baru terlihat,” tutur Samson.

“Dugaan korupsi proyek multi years ini, disikapi fraksi PPP dengan menyusulkan hak angket untuk dibahas di dalam rapat paripurna DPRD,” tegas kedua anggota DPRD Palas itu.

Selanjutnya , kata Samson bersama Erwin, pihak DPRD Palas akan menyatakan hak pendapat tentang adanya pelanggaran sesuai ketentuan dan peraturan yang berlaku, dan dewan menyusulkan pemberhentian Basyrah lubis SH dari jabatan sebagai bupati.

Baca Juga :  Daftar Calon Sementara Anggota DPRD Kab. Tapanuli Selatan Pemilu 2014

Kadis PU Palas Ir Khoirul Windu yang dikonfirmasi Global, Rabu (5/5) lalu, menegaskan pembagunan proyek untuk perkantoran pemerintah Pemkab Palas telah dimulai. Penegasaan ini diungkap tanpa merinci secara detail pelaksaan pembangunan prasarana dan sarana tersebut.

Sumber: http://www.harian-global.com/index.php?option=com_content&view=article&id=36740:kpk-diminta-usut-proyek-di-palas-&catid=32:sumut-dan-aceh&Itemid=58

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 11 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*