KPK: “Jersey” Ronaldo untuk SBY Beda dengan Gitar Metallica untuk Jokowi

JAKARTA, KOMPAS.com — Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menegaskan, jersey (kaus bola) Real Madrid yang diterima Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dan Ibu Negara Ani Yudhoyono dari bintang Real Madrid, Cristiano Ronaldo, bukanlah hadiah yang patut dilaporkan ke KPK.

Namun, KPK akan menyambutnya jika Presiden melaporkan pemberian hadiah tersebut kepada KPK.

“Itu bukan penerimaan hadiah yang wajib dilaporkan ke KPK sesuai dengan Undang-Undang Nomor 30 Tahun 2002 dan Undang-Undang Nomor 31 Tahun 1999. Kalau Pak SBY mau melaporkan juga ke KPK, ya silakan,” kata Juru Bicara KPK Johan Budi di Jakarta, Rabu (26/6/2013).

Johan mengatakan, jersey yang diterima Yudhoyono ini berbeda dengan gitar bas yang diterima Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo (Jokowi). Menurutnya, bas Metallica yang diterima Jokowi berasal dari panitia konser Metallica, bukan berasal dari personel Metalica, Robert Trujillo.

dok.Twitter/@Edhie_Baskoro Foto Presiden Susilo Bambang Yudhoyono bersama bintang sepak bola Cristiano Ronaldo beserta Ibu Negara, Ani Yudhoyono, dan dua putranya, Agus Harimurti Yudhoyono dan Edhie Baskoro Yudhoyono yang diunggah di akun @Edhie_Baskoro.

“Berbeda dengan gitar Jokowi, dalam kasus gitar Jokowi, yang memberi adalah panitianya bukan gitaris Metallicanya,” ujar Johan.

Kemudian, lanjutnya, mengenai gitar tersebut, Jokowi sendirilah yang melaporkan penerimaan itu ke KPK.

“Kedua, soal penerimaan ini juga Jokowi sendiri yang melaporkan ke KPK,” tambahnya.

Baca Juga :  Empat Alasan PSSI Wajib Dibekukan

Diberitakan sebelumnya, Yudhoyono berfoto bersama pemain Real Madrid, Cristiano Ronaldo, sambil memegang kostum bernomor punggung 7 dan bertuliskan nama “SBY” serta dibubuhi tanda tangan bintang sepak bola asal Portugal itu. Selain SBY, tampak pula istrinya, Ani Yudhoyono, memegang jersey bertuliskan nama “Ani” yang juga ditandatangani oleh Ronaldo.

Kedua putra SBY, Edhie Baskoro Yudhoyono dan Agus Harimurti Yudhoyono, juga tampak di dalam foto, tetapi tak memegang kostum. Foto ini diunggah oleh Edhie Baskoro di akun Twitter-nya sekitar 3 jam yang lalu.

Kostum sepak bola atau jersey nomor 7 merupakan kostum kebanggaan Ronaldo selama membela klub raksasa sepak bola asal Spanyol tersebut. Bagian bawah nomor 7 sudah ditandatangani Ronaldo, lengkap dengan namanya.

SBY dan Ronaldo akan menghadiri acara Bali Save Mangrove, Save Earth (BSMSE) di Taman Hutan Raya Ngurah Rai, Nusa Dua, Bali, hari ini. Pesepak bola dunia asal Portugal tersebut hadir dalam kapasitas sebagai duta mangrove Bali. BSMSE adalah acara yang digelar Forum Peduli Mangrove (FPM). FPM, sesuai namanya, bertujuan meningkatkan kepedulian masyarakat akan pentingnya hutan bakau atau mangrove.

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 7 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*