KPU Tetapkan Jokowi-JK Sebagai Pemenang Pilpres 2014

Jakarta – Akhirnya, Rapat Pleno Rekapitulasi suara nasional menetapkan pasangan Jokowi-Jusuf Kalla sebagai pemenang dalam Pemilihan Presiden 2014. Jokowi memperoleh suara sebanyak 62.576.444 atau sekitar 46,85 persen. Sedang Jokowi mendapat 70.997.833 suara atau setara 53.15 persen. Selisih mereka 8.421.389 suara.

Ketua Komisi Pemilihan Umum Husni Kamil Manik menanyakan kepada saksi apakah hasil hitung lembaganya sesuai dengan hitungan mereka. Kubu Jokowi pun menyetujuinya. “Sama Pak Ketua,” kata Ferry Mursidan Baldan, tim saksi kubu Jokowi.

Pertanyaan serupa ditanyakan Husni kepada Badan Pengawas Pemilu, yang juga diperoleh jawaban tidak ada perbedaan. “Insya Allah sama,” kata Ketua Bawaslu Muhammad. “Kalau Bawaslu sudah sama maka saya tak usah menanyakan ke Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu,” kata Husni.

Dalam pengumuman hasil rekapitulasi nasional ini hanya dihadiri oleh pasangan calon presiden nomor urut dua. Sedangkan tim saksi maupun calon presiden dari poros Partai Gerindra siang tadi menyatakan menolak hasil pemilu. “Kami tak ikut lagi proses rekapitulasi ini karena banyak indikasi kecurangan,” kata Rambe Kamarul Zaman./TEMPO.CO

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 5 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*