KPU Tetapkan SARASI Pemenang – Pemilukada Tapsel Hanya Satu Putaran

TAPSEL; Komisi Pemilihan Umum (KPU) Tapanuli Selatan (Tapsel) menetapkan pasangan nomor 4, H Syahrul Martua Pasaribu-H Aldinz Rapolo Siregar (SARASI) sebagai peraih suara terbanyak dalam Pemilukada Tapsel, Jumat (14/5). Ini sesuai rapat pleno penghitungan suara Pemilukada Tapsel yang tertuang dalam berita acara nomor 32/KPUKAB/002-434707/V/2010 tertanggal 14 Mei tentang rekapitulasi hasil penghitungan suara Pemilukada Tapsel dan keputusan KPU Tapsel Nomor 20 Tahun 2010.

Rapat pleno yang dipimpin Ketua KPU Tapsel Mustar Edi Hutasuhut dan disaksikan empat anggota KPU lainnya itu digelar di kantor KPU Tapsel, Jalan Willem Iskandar, Sadabuan, Kota Padangsidimpuan. Hadir dalam rapat itu, lima pasangan saksi calon. Sedangkan satu saksi pasangan calon nomor 6 tidak hadir. Juga hadir Plt Bupati Tapsel Akhmad Ibrahim Harahap, Kapolres Tapsel AKBP Subandriya SH MH, Kapolresta Padangsidimpuan AKBP Roni Bahtiar Arif, Kasi Intel Polim SH, Ketua PA Psp, Haspan Pulungan, anggota Panwaslukada Tapsel. Rapat pleno yang dimulai sejak pukul 09.00 WIB tersbeut berjalan tertib.

Dalam rapat pleno penghitungan suara tersebut lampiran penghitungan suara dari 12 panitia pemilihan kecamatan (PPK) dibacakan satu persatu hingga selesai. Adapun hasilnya, di mana dari seluruh suara sah yakni sebanyak 137.772 suara, pasangan nomor 4 SARASI memperoleh suara sebanyak 61,157 atau sekitar 44,39 persen.

Sementara di urutan kedua pasangan nomor 3 Andar Amin Harahap-dr Badjora Siregar (ADAB) yang memperoleh suara sebanyak 47.602 suara atau sekitar 34,55 persen.

Kemudian pasangan nomor 5 Ongku P Hasibuan-Affan Siregar (HORAS) di urutan ketiga dengan meraih 24.710 suara atau sekitar 17,94 persen.

Selanjutnya pasangan nomor 1 Syahlan Rivai Dalimunthe-Syamsul Harahap (HANDAL) di posisi 4 dengan raihan 2.435 suara atau sekitar 1,77 persen.

Baca Juga :  PSSI Pertahankan Program Timnas U-19 Hingga 2017

Di posisi kelima pasangan nomor 2 Syarbaini Harahap-Hotmatua Rambe (SAHATA) yang mendapatkan 1.028 suara atau sekitar 0,75 persen. Sementara di urutan terakhir pasangan nomor 6 Mustafa Nauli Harahap-Baleman Siregar (Nauli Basa) yang meraih 840 suara atau sekitar 0,61 persen.

Sementara itu total jumlah daftar pemilih tetap (DPT) dalam Pemilukada Tapsel yakni sebanyak 175.076 suara dari 12 kecamatan se-Tapsel. Jumlah tempat pemungutan suara (TPS) sebanya 622 TPS.

Sedangkan masyarakat yang menggunakan hak suaranya sebanyak 140.219 dengan suara sah sebanyak 137.772. Suara tidak sah sebanyak 2.069, dan warga yang tidak menggunakan hak pilihnya sebanyak 34.857, atau kehadiran warga dalam memilih yakni sekitar 88 persen.

Jumlah surat suara yang rusak atau keliru dicoblos sebanyak 1.114 lembar, jumlah surat suara yang tidak terpakai 140.381 lembar, jumlah surat suara yang diterima dari seluruh TPS sebanyak 179.453 lembar.

Dalam kesempatan tersebut, Ketua KPU Tapsel Mustar Edi mengatakan, hasil penghitungan suara Pemilukada Tapsel sudah ditetapkan. Namun bagi para pasangan calon yang merasa keberatan untuk mengajukan keberatannya ke Mahkamah Konstitus (MK) diberi waktu selama 3 hari, mulai 17-19 Mei.

Dalam penandatanangan berita acara pengitungan suara tersebut, hanya ditandatangani oleh pihak pasangan nomor 1, 2, 4 dan 6. Sedangkan pasangan nomor 3 dan 5 tidak menandatanganinya dikarenakan merasa keberatan.

Namun menurut anggota KPU Divisi Tekhnis, Akhiril Pane, meskipun ada beberapa saksi calon tidak menandatangani berita cara, namun hasil rekapitulasi perhitungan suara itu sah. Dan bagi yang keberatan dengan hasil tersebut, secepatnya mendaftarkan keberatannya ke MK selama 3 hari ke depan.

Baca Juga :  Plang Merk Hak Milik Keturunan Oppu Napotar Dicuri Orang Tidak Dikenal (OTK)

Pemilukada Tapsel 1 Putaran

Hal ini juga menegaskan bahwa Pemilukada Tapsel hanya satu putaran saja, karena salah satu pasangan calon mendapatkan suara di atas 30 persen dari total suara sah.

Plt Bupati Tapsel, Akhmad Ibrahim dalam sambutannya mengharapkan KPU Tapsel untuk segera menindaklanjuti keberatan yang diajukan pasangan nomor 3 dan 5. “Kita berharap agar KPU Tapsel untuk segera menindaklanjuti keberatan pasangan nomor 3 dan 5 agar secepatnya diselesaikan,” harapnya.

Selain itu dirinya juga mengucapkan selamat atas kemenangan pasangan nomor 4, dan diharapkan dapat membawa perubahan ke arah yang lebih baik untuk Tapsel selama lima tahun ke depan.

Di samping itu, Akhmad Ibrahim atas nama Pemkab Tapsel juga mengucapkan terima kasih kepada aparat keamanan dan seluruh pihak terkait yang turut menyukseskan terlaksananya penyelenggaraan Pemilukada Tapsel sejak awal pelaksanaannya. (phn)

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 9 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.

2 Komentar

  1. Bagi yang menag selamat, namun siapkan bukti yang menunjukkan bahwa apa yang ditolak oleh beberapa pasangan itu tidak benar. Selamat berjuang tuk Kemajuan Tapsel kedepan.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*