Krisis Mesir, TNI AU Siapkan Pasukan Khas

Paskhas TNI+AU Krisis Mesir, TNI AU Siapkan Pasukan Khas
Pasukan Khas (Paskhas) TNI AU (google)

JAKARTA-METRO; Suasana Mesir yang tak kunjung kondusif diantisipasi oleh Mabes TNI Angkatan Udara. Mereka menyiapkan pasukan khas AU yang terlatih menangani kondisi darurat. Tim ini akan bertugas melakukan evakuasi warga Indonesia yang sebagian besar masih terjebak di negeri Piramid itu.

Wakil Asisten Operasi Kasau Marsekal Pertama TNI Bambang Soelistyo menjelaskan tim terdiri atas personel Pasukan Khas TNI Angkatan Udara dan lima pesawat angkut C-130 Hercules. “Sudah on call (siap bertugas),” katanya kemarin.

Bambang menjelaskan, pasukan khas disiapkan dengan dibagi tiga kelompok terdiri atas kelompok 15 bertugas sebagai Komando Pengendali (Kodal), kelompok 42 sebagai tim aju (pendahulu) dalam evakuasi dan kelompok 45 sebagai ground handling atau penanggungjawab lapangan.

Tak tanggung-tanggung, tiga kelompok itu merupakan bagian dari Detasemen Bravo 90 yakni satuan khusus dalam Paskhas AU yang berbaret jingga itu. “Mereka semua sudah berpengalaman dalam misi internasional,” katanya.

Ia menambahkan, Tim Evakuasi TNI AU dipimpin Komandan Tim Kolonel (Psk) Rolland D.G. Waha dan Komandan Detasemen Bravo-90 Letkol (Psk) M. Juanda.  Selain personel berkemampuan khusus, TNI Angkatan Udara juga menyiapkan lima pesawat angkut C-130 Hercules.

Yakni,  tiga pesawat dari Skadron Udara 31 Wing I Lanud Halim Perdanakusuma dan dua pesawat dari Skadron Udara 32 Wing II Lanud Abdulrachman Saleh Malang. “Periode waktunya tidak terbatas. Kami mengikuti permintaan Satgas yang dibentuk Presiden SBY,” katanya. (rdl/jpnn) (metrosiantar.com)

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 11 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.
Baca Juga :  Menang 2-0, Malaysia Selangkah Lebih Dekat ke Final

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*