Krisis Politik Thailand “Kaus Merah” Terus Bertahan

BANGKOK – Ribuan pendukung “Kaus Merah” terus bertahan di markas aksi protes mereka di pusat Kota Bangkok, hari ini. Sebagian besar dari mereka merasa nyawanya terancam saat pihak militer melansungkan operasi untuk membubarkan aksi mereka.

“Kami tidak akan pergi, kami akan tetap bertahan dan berdoa,” ungkap salah seorang pemimpin “Kaus Merah” Kwancahi Praipana seperti dikutip AFP, Rabu (19/5/2010).

Hingga saat ini sekira lima ribu pengunjuk menolak untuk meninggalkan lokasi protes di Distrik Rajprasong. Mereka diminta untuk berkumpul di pusat lokasi protes untuk alasan keselamatan.

Praipana menambahkan kelompok yang juga pendukung dari mantan Perdana Menteri Thaksin Shinawatra ini tidak dilengkapi senjata apapun. Beberapa dari pengunjuk rasa seperti sudah siap menghadapi operasi dari milite Thailand. Mereka bahkan bersedia mati ditempat jika militer melangsungkan serangan terhadap mereka.

“Mereka (militer) ingin memasuki wilayah markas kami dan menembaki para pengunjuk rasa. Kami berjuang untuk demokrasi. Kami juga berjuang demi rekan-rekan yang tewas sebelumnya,” ungkap seorang pengunjuk rasa Sirasa Raungrut yang berasal dari Utara Thailand.

Hingga saat ini tujuh pendukung “Kaus Merah” telah dilarikan ke rumah sakit. Belum jelas keadaan dari korban yang tertembak tersebut, karena pihak rumah sakit sendiri belum memberikan keterangan resmi mengenai keadaan korban.

Sumber: http://international.okezone.com/read/2010/05/19/18/334160/kaus-merah-terus-bertahan

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 11 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.
Baca Juga :  Kemarin Mesir, Kini Aljazair

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*