Kutalimbaru, Kecamatan Terbaik Tingkat Provinsi Sumut

Kecamatan Kutalimbaru, Kabupaten Deli Serdang yang ditetapkan sebagai Kecamatan Terbaik I Tingkat Provinsi Sumatera Utara Tahun 2010, menerima tunggul kecamatan dan penghargaan dari Gubernur Sumatera Utara.

Tunggul Kecamatan Terbaik itu diserahkan langsung oleh Plt Gubernur Sumut Gatot Pujo Nugroho kepada Camat Tanjung Morawa yang semasa itu menjabat sebagai Camat Kutalimbaru Zainal Abidin Hutagalung dalam acara penyerahan Tunggul Kecamatan Terbaik Tingkat Provinsi Sumatera Utara di Lapangan Alun-alun Pemkab Deli Serdang, Lubuk Pakam Kamis (07/04/2011).

Penyerahan ini disaksikan Muspida Sumut diantaranya Pangkosek Hanudnas III Marsekal Pertama TNI AU Bonar H Hutagaol, Wadan Lantamal I Kolonel Marinir Suprayogi, Danlanud Medan Kol Penerbang Taufik Hidayat, Bupati Deli Serdang Amri Tambunan beserta Wabup Zainuddin Mars, Ketua TP PKK Ny Anita Amri Tambunan, Muspida Deli Serdang diantaranya Ketua DPRD Hj Fatmawati, Dandim 0204/DS Letkol Arh Wawik Dwinanto, Ketua Pengadilan Negeri Lubuk Pakam Suharjono, Ketua Pengadilan Agama Deli Serdang Neliati, Wakil Walikota Medan Dzulmi Eldin serta Wakil Walikota Tanjung Balai Rolel Harahap.

Selain tunggul Kecamatan Terbaik I, pada acara yang sama Plt Gubsu juga menyerahkan piagam penghargaan, tropi dan dana kepada Kecamatan Kutalimbaru sebagai terbaik I, Kecamatan Datuk Bandar Kabupaten Tanjung Balai terbaik II, Kecamatan Barumun Kabupaten Padang Lawas terbaik III, Kecamatan Medan Selayang Kota Medan Harapan I, Kecamatan Medang Deras Kabupaten Batu Bara Harapan II dan Kecamatan Rahuning Kabupaten Asahan sebagai Harapan III.

Baca Juga :  2.560 Warga Medan Terinveksi HIV/AIDS

Sementara itu kepada Danramil 02/Kutalimbaru Kapt Arh Ibrahim dan Kapolsek Kutalimbaru AKP Bambang Rubianto SH diserahkan juga tanda penghargaan khusus berupa piagam dan tropi oleh Plt Gubsu atas peransertanya dalam pelaksanaan pembangunan di wilayah Kecamatan Kutalimbaru sehingga daerah ini berhasil meraih predikat Kecamatan Terbaik I untuk tingkat Provinsi Sumut Tahun 2010.

Plt Gubsu dalam sambutannya mengatakan bahwa dalam mendukung percepatan implementasi otonomi daerah, kecamatan sebagai bagian integral birokrasi pemerintahan di daerah punya peranan yang strategis, dimana Camat sebagai perangkat daerah mempunyai kekhususan dibandingkan dengan perangkat daerah lainnya dalam pelaksanaan tugas pokok dan fungsinya untuk mendukung azas desentralisasi.

Kekhususan tersebut yaitu adanya suatu kewajiban mengintegrasi nilai-nilai sosiokultural menciptakan stabilitas dalam dinamika politik, ekonomi dan budaya, mengupayakan terwujudnya ketentraman dan ketertiban wilayah sebagai perwujudan kesejahteraan rakyat serta masyarakat dalam rangka membangun intrgritas kesatuan wilayah dan pembinaan wilayah.

Bahwa tugas seorang Camat yang merupakan ujung tombak segala aspek kehidupan masyarakat cukup kompleks, untuk itu dalam rangka memberdayakan segala potensi yang ada di kecamatan, seorang Camat harus mampu mensinergikan tiga pilar yaitu pemerintah, masyarakat dan swasta.

Lebih lanjut Plt Gubsu mengatakan bahwa keberhasilan Kecamatan Kutalimbaru, Kecamatan Datuk Bandar, Kecamatan Barumun, Kecamatan Medan Selayang Kota Medan, Kecamatan Medang Deras dan Kecamatan Rahuning, tentunya merupakan hasil dari kerja keras dan kerja sama yang harmonis dan koordinasi yang baik dengan dinas/instansi terkait, Danramil, Kapolsek serta partisipasi dan dukungan arif dari seluruh lapisan masyarakat.

Baca Juga :  Potensi Pariwisata Kab. Humbang Hasundutan (Humbahas)

Keberhasilan ini hendaknya menjadi pendorong untuk meningkatkan pelaksanaan tugas melayani masyarakat, jangan membuat saudara cepat merasa puas, bangga dan terlena sehingga pelayanan yang saudara berikan itu tidak hanya sesuai harapan masyarakat, tetapi justru melampaui harapan dan keinginan masyarakat, harap Plt Gubsu.

Usai penyerahan tunggul dan penghargaan Kecamatan terbaik, Plt Gubsu didampingi Muspida Sumut, Bupati Deli Serdang, Wabup Zainuddin Mars dan Ketua TP PKK Ny Anita Amri Tambunan dan rombongan melakukan kunjungan ke Gedung Dekranasda Deli Serdang untuk melihat hasil produk asli khas Deli Serdang dan kerajinan tangan. (BS-028)(beritasumut.com)

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 10 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.

2 Komentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*