Langkah Mesir Membawa Harapan Baru Akhiri Krisis Gaza

WASHINGTON DC – Presiden AS Barack Obama mengapresiasi langkah Mesir yang berupaya untuk menciptakan gencatan senjata terkait krisis di Jalur Gaza. Menurutnya, langkah ini bisa menghentikan jatuhnya korban lebih banyak dari ketegangan yang telah berlangsung selama sepekan tersebut.

“Kami akan terus berupaya untuk mengembalikan situasi yang aman seperti gencatan senjata yang berlangsung pada 2012 silam,” tandas Obama ketika menggelar acara buka puasa bersama umat muslim di Gedung Putih, Senin (14/7/2014)

“Kami mengapresiasi langkah Mesir yang telah merumuskannya untuk menciptkan gencatan senjata,” tambah Obama.

Komentar Obama ini disampaikan beberapa jam setelah Mesir mempresentasikan rencana untuk mengakhiri konflik berdarah tersebut. Disebutkan bahwa Israel dan Palestina pun menyambut baik usulan yang merupakan langkah nyata pertama mengakhiri konflik.

Namun begitu, pada saat yang sama AS juga memiliki pandangan sendiri terkait konflik itu. Obama mengatakan bahwa Israel memang memiliki hak untuk mempertahankan diri dari serangan-serangan yang dilancarkan oleh kelompok militan Hamas. (*)/TRIBUNJOGJA.COM

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 7 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*