Lebih Suka Makan di Luar Rumah? Jangan Heran Bobot Melonjak, Ini Sebabnya

Jakarta, Dengan berbagai alasan tersendiri, banyak orang lebih suka makan di luar atau di restoran dibandingkan di rumah sendiri. Meskipun terasa lebih praktis, kebiasaan ini bisa membuat berat badan terus naik tanpa disadari lho. Mengapa?

Studi yang dipublikasikan dalam Public Health Nutrition menyebutkan bahwa terlalu sering makan di luar rumah, baik di restoran ataupun di gerai fastfood, secara signifikan meningkatkan kadar asupan energi, gula, lemak jenuh dan natrium.

Hasil ini didapat dengan mengamati kebiasaan makan lebih dari 12.000 responden berusia 20-64 tahun. Ditemukan bahwa mereka yang terbiasa makan di luar rumah, baik di restoran maupun di gerai cepat saji, memiliki asupan kalori ekstra rata-rata 200 kalori per hari. Hasil ini didapat jika dibandingkan dengan orang-orang yang terbiasa makan di rumah.

Menurut salah satu penulis studi tersebut, Binh Nguyen, ada beberapa faktor yang menimbulkan kondisi tersebut. Di antaranya adalah porsi yang sulit diperkirakan; banyaknya tambahan saus yang disediakan; serta variasi minuman manis yang bisa dipesan. Jika di rumah ketersediaan saus atau bumbu pelengkap terbatas, maka tidak jika Anda makan di restoran.

“Tapi Anda tentu bisa mengatasinya dengan cara memberanikan diri berbicara dan bertanya. Sebelum memesan makanan, beranikan untuk bertanya mengenai besarnya porsi agar tak berlebihan,” ujar Nguyen, seperti dikutip dari CNN, Senin (11/8/2014).

Baca Juga :  Awas, Kebanyakan Pakai Gadget Memicu Kegemukan

Selain itu, jika memang Anda terpaksa harus makan di luar rumah, pastikan Anda tak memesan porsi dobel dan memesan air putih saja sebagai minuman. Kalori dan gula tambahan yang ekstra seringkali tanpa disadari didapat dari minuman manis yang dipesan./detik.com

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 5 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*