Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan); 5 Mei akan Ada Hujan Meteor

JAKARTA-METRO; Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan) memperkirakan akan ada hujan meteor di Indonesia. Kepastian lokasi hujan meteor belum diketahui. Peneliti Astronomi dan Astrofisika Lapan, Thomas Djamaluddin, mengatakan itu ketika dihubungi Republika, Ahad (2/5).

Dikatakannya, hujan meteor terjadi karena bebatuan di luar angkasa masuk ke bumi. Gesekan kuat dengan atmosfir membuat bebatuan itu hancur dan jatuh dalam keadaan panas.

Diketahuinya, saat ini tiga rumah di Duren Sawit diduga kuat hancur dihantam meteor. Namun dia belum mengetahui letak meteornya. “Kita masih mencari,” tuturnya yang sedang melakukan perjalanan dari Bandung menuju Jakarta.
Di Malang juga ada rumah yang diduga hancur karena meteor. Namun, Thomas belum bisa memastikan benarkah rumah itu hancur karena meteor. “Kita menunggu kepastian dari polisi,” terangnya. jika benar rumah itu hancur karena meteor, tim Lapan akan segera melakukan observasi di rumah tersebut.

Pemerintah sedang melakukan koordinasi pemberian bantuan bagi warga yang rumahnya tertimpa benda diduga meteor. Alasannya, benda tersebut merusak rumah dan menyebabkan warga menderita kerugian. Meski demikian, koordinasi itu belum membahas jenis bantuan yang akan diberikan.

“Sedang kita koordinasikan,” kata Staf Khusus Presiden Bidang Bantuan Sosial dan Bencana Alam, Andi Arief, dalam pesan singkatnya, Minggu (2/5). Andi menyampaikan hal itu ketika ditanya bagaimana sikap pemerintah terhadap warga yang mengalami kerugian akibat menjadi lokasi jatuhnya meteor itu. Setelah koordinasi itu, pemerintah akan merumuskan langkah apa yang akan diambil.

Baca Juga :  Paskibraka Dilecehkan - Konon Paskibra Putra Sempat Dipaksa Adu "Kemaluan"

“Dalam waktu dekat akan kita umumkan langkah-langkah,” kata mantan aktivis ini. Namun, Andi tidak menyebut kapan langkah konkrit berupa bantuan itu akan diambil, termasuk lembaga atau instansi apa yang akan bertanggung jawab terhadap pemberian bantuan bagi warga itu.

“Sementara ditangani pemda setempat,” ujar Andi. Seperti diketahui, di awal pekan ini beberapa rumah warga di kawasan Duren Sawit, Jakarta Timur mengalami kerusakan akibat tertimpa benda yang diduga meteor. Pada Sabtu (1/5), kejadian yang sama juga terjadi di Malang, Jawa Timur. (mdc/int)

Sumber: http://metrosiantar.com/METRO_TANJUNG_BALAI/5_Mei_akan_Ada_Hujan_Meteor

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 10 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*