Libur? Bakar Kalori Tanpa Olahraga dengan 4 Cara Ini

Jakarta Tanggal merah di tengah pekan biasanya menjadi hari libur dan waktu santai untuk dinikmati bersama pasangan. Nah, ada baiknya jika waktu bersama pasangan tersebut Anda habiskan untuk membakar kalori bersama.

Bukan dengan olahraga, detikHealth merangkum 4 kegiatan yang dapat membakar kalori meski tak bikin lelah, mulai dari nonton film seram hingga makan makanan pedas, seperti ditulis Senin (1/6/2015).

1. Nonton Film Komedi
Nonton film komedi biasanya akan membuat Anda tertawa. Nah, tertawa diketahui sebagai obat terbaik dan salah satu dari cara menyenangkan untuk meningkatkan metabolisme tubuh. Tertawa lepas selama 10 menit ternyata dapat membakar energi Anda.

Sebuah penelitian yang dipublikasikan dari International Journal of Obesity pada tahun 2007, tertawa lepas membuat 10-20% energi kita keluar dan jantung bekerja dengan baik.

Dengan kata lain, 10 sampai 15 menit tertawa dapat membuat metabolisme untuk membakar lemak dapat bekerja dengan cepat.

2. Nonton Film Horor
Selain nonton film horor, studi yang dilakukan oleh University of Westminster menyebutkan bahwa menonton film horor dengan penuh adegan yang menegangkan selama sekitar 90 menit dapat membakar hingga 113 kalori.

Jumlah ini bahkan disebut-sebut hampir mendekati jumlah kalori yang dibakar ketika seseorang melakukan jalan kaki santai selama sekitar 30 menit.

Penelitian ini juga mengungkapkan bahwa film yang menampilkan adegan-adegan di mana penonton bisa dibuat kaget dan ketakutan adalah yang terbaik untuk membakar kalori. Alasannya, hal ini dapat membuat kerja denyut jantung meningkat.

Baca Juga :  Sering Kesemutan, Awas Penyakit!

3. Makan makanan pedas
Sebuah studi baru yang dipresentasikan pada pertemuan tahunan Biophysical Society ke-59 di Baltimore mengungkapkan bahwa capsaicin, senyawa yang membuat cabai terasa pedas, dapat membantu mencegah kenaikan berat badan pada tikus percobaan yang diberi diet tinggi lemak.

Penelitian yang dilaksanakan di University of Wyoming ini menemukan bahwa capsaicin dapat mengurangi berat tubuh seseorang dengan meningkatkan metabolisme tubuh. Capsaicin menstimulasi tubuh untuk membakar energi serta menghasilkan panas, dan dapat memancing sel lemak putih (lemak jahat) menjadi sel lemak cokelat (lemak baik).

“Di tubuh kita, lemak putih ini menyimpan energi, dan sel lemak cokelat adalah mesin termogenik (panas yang diproduksi dari membakar lemak) untuk membakar simpanan lemak,” ujar Viviek Krishnan, salah satu mahasiswa yang melakukan penelitian tersebut.

4. Bercinta
Studi terbaru ini mengungkapkan bahwa kalori yang dibakar saat bercinta serupa seperti olahraga. Rata-rata pria membakar sebanyak 4,2 kalori per menit saat bercinta, sementara wanita membakar rata-rata 3,1 kalori per menit.

Selain itu, ditemukan juga bahwa saat bercinta rata-rata pria membakar sebanyak 101 kalori, sementara wanita membakar sekitar 69 kalori.

“Dari angka ini, hasil studi menunjukkan bahwa aktivitas seksual berpotensi untuk dipertimbangkan sebagai latihan fisik untuk membakar kalori,” tulis para peneliti, seperti dikutip dari jurnal Plos One.


health.detik.com

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 5 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.
Baca Juga :  Normalkah Perkembangan Bicara Anak?

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*