LIGA CHAMPIONS GROUP G: Ronaldo Paksa Milan Menyerah – Ajax Ramaikan Persaingan

Cristiano Ronaldo menjadi pahlawan kemenangan Real Madrid 2-0 atas AC Milan dalam penyisihan Liga Champions Grup G, Selasa atau Rabu (20/10/2010). Dia mencetak satu gol dan satu assist buat Mezut Oezil.

Kemenangan ini membuat Madrid mantap di puncak klasemen Grup G dengan nilai 9, unggul 5 poin dari AC Milan. Posisi AC Milan terancam oleh Ajax Amsterdam yang menang 2-1 atas Auxerre. Keduanya kini sama-sama memiliki nilai 4.

Tak mau mengulang kekalahan di musim lalu, Madrid langsung tampil menekan. Ini cukup membuat Milan sering kerepotan.

Sebuah pelanggaran yang dilakukan Alexandre Pato di dekat kotak penalti Milan kepada Sami Khedira pada menit ke-11 berbuah petaka buat “I Rossoneri”. Tendangan bebas yang diberikan dimanfaatkan dengan baik oleh Cristiano Ronaldo. Bola tendangannya menembus pagar hidup Milan dan membobol gawang marco Amelia, 1-0 pada menit ke-12.

Gol itu menaikkan tempo permainan kedua tim. AC Milan langsung mencoba menekan dengan cepat, tapi justru kembali berbuah petaka.

0335323p LIGA CHAMPIONS GROUP G: Ronaldo Paksa Milan Menyerah Ajax Ramaikan Persaingan
Foto : Cristiano Ronaldo (kedua dari kanan) disambur rekan-rekannya setelah membobol gawang AC Milan. Dia juga mencetak assist gol Mesut Oezil, hingga Real Madrid akhirnya menang 2-0.

Sebuah serangan balik Real Madrid yang cepat pada menit ke-13, kembali menghasilkan gol. Ronaldo yang menyisir sisi kanan pertahanan Milan, sukses mengirimkan umpan kepada Mesut Oezil.

Bola langsung dipotong Oezil dengan sontekan lemah. Namun, bola membentur bahu Daniele Bonera. Depleksi ini membuat Amelia salah antisipasi dan bola masuk sarang gawangnya, 2-0.

Milan mencoba bangkit, tapi kesulitan. Sebab, Madrid tetap bermain menekan. Meski begitu, Milan masih bisa membalas dalam beberapa kesempatan.

Pada menit ke-29, Milan berpeluang memperkecil ketinggalan, setelah Xabi Alonso melakukan pelanggaran kepada Gianluca Zambrotta di dekat kotak penalti. Tendangan bebas Andrea Pirlo tepat ke pojok kiri gawang Madrid. Tapi, Iker Casillas mampu menepisnya.

Empat menit kemudian, Clarence Seedorf berpeluang mencetak gol setelah mendapat umpan dari Ronaldinho. Meski punya ruang terbuka, tendangan kaki kirinya masih melambung.

Mendekati akhir babak pertama, Madrid gantian menekan. Beberapa kali serangan “Los Blancos” membahayakan gawang Amelia, termasuk tendangan kaki kiri Ronaldo yang mampu ditepis Amelia. Namun, babak pertama akhirnya ditutup dengan hasil 2-0 untuk Madrid.

Madrid percaya diri memasuki babak kedua. Mereka kembali menekan dan memaksa Milan lebih banyak bertahan. Beberapa peluang pun tercipta, tapi kurang sempurna diselesaikan Ronaldo dkk.

Di menit ke-70, Ronaldo sebenarnya berpeluang menambah gol. Mendapat umpan silang dari Marcelo di depan kotak penalti, dia kurang sempurna memotongnya, hingga bola melambung.

Milan mencoba menguab strategi dengan memasukkan mantan pemain Madrid, Robinho, menggantikan Ronaldinho pada menit ke-72. Robinho pun terus disoraki pendukung Madrid, apalagi saat dia memegang bola.

Baca Juga :  Piala Super Spanyol Trigol Messi Antar Barca Juara

Hadirnya Robinho cukup memberi efek. Pada menit ke-85, dia melakukan tendangan keras ke gawang Madrid. Untung, Casillas sigap menepis bola. Madrid kemudian lebih bertahan dengan memasukkan Lassana Diarra dan Esteban Granero, menggantikan Mesut Oezil dan Angel Di Maria. Mereka pun sukses mengamankan kemenangan 2-0.

Susunan Pemain
Real Madrid:
1-Iker Casillas, 2-Ricardo Carvalho, 3-Pepe, 12-Marcelo, 17-Álvaro Arbeloa, 24-Sami Khedira, 14-Xabi Alonso, 20-Gonzalo Higuain (9-Karim Benzema 88), 23-Mesut Oezil (10-Lassana Diarra 82), 7-Cristiano Ronaldo, 22-Angel Di Maria (11-Esteban Granero 85)

AC Milan: 1-Marco Amelia, 25-Daniele Bonera, 13-Alessandro Nesta, 77-Luca Antonini, 19-Gianluca Zambrotta, 21-Andrea Pirlo, 10-Clarence Seedorf, 8-Gennaro Gattuso (27-Kevin-Prince Boateng 59), 80-Ronaldinho (70-Robinho 72), 11-Zlatan Ibrahimovic, 7-Pato

Sumber : http://bola.kompas.com/read/2010/10/20/03354592/Ronaldo.Paksa.Milan.Menyerah-4

Ajax Ramaikan Persaingan

Diwarnai keluarnya tiga kartu merah, Ajax Amsterdam memetik kemenangan pertamanya di Liga Champions musim ini usai menundukkan AJ Auxerre dengan 2-1. Hasil tersebut mengantar Ajax menempel AC Milan.

Berlaga di Amsterdam Arena, Rabu (20/10/2010) dinihari WIB, dua gol kemenangan Ajax datang dari Demy De Zeeuw di menit tujuh dan Luis Suarez empat menit sebelum turun minum. Sementara gol tunggal tim tamu datang dari Valter Birsa di menit 56.

Foto: Demy de Zeeuw (daylife)

Laga itu sendiri diwarnai dengan keluarnya tiga kartu merah. Ajax mendapat satu atas nama Andre Ooijer (55), sementara tamunya dapat dua masing-masing untuk Dennis Oliech (85) dan Jean-Pascal Mignot (90).

Tiga poin yang diraih Ajax dari laga ini tak mengubah posisi mereka di urutan tiga klasemen Grup G. Namun dengan nilai empat, Ajax kini menyamai poin Milan yang pada laga lain tunduk dalam lawatan ke Santiago Bernabeu. Hanya selisih satu gol yang memisahkan Ajax dengan Milan.

Buat Auxerre kekalahan ini membuat peluang mereka lolos ke babak 16 besar semakin sulit. Klub Prancis itu belum sekalipun meraih poin karena selalu kalah di tiga laga yang sudah dilalui.

Jalannya Pertandingan

Ajax tak perlu waktu lama untuk membuka keunggulan atas tamunya. Laga baru berjalan lima menit saat tendangan keras  de Zeeuw merobek jala gawang Auxerre tanpa bisa dihalau kiper Olivier Sorin.

Di menit  22 Auxerre mampu menyamakan kedudukan melalui Roy Contuits. Namun wasit langsung membatalkan gol tersebut karena menganggap lebih dulu terjadi pelangaran terhadap kiper Maarten Stekelenburg.

Setelahnya, Auxerre tampil lebih menyerang dalam upaya mencari gol penyama. Namun justru gawang mereka yang kembali bobol saat laga babak kedua tersisa enam menit.

Baca Juga :  Rossi ke Ducati bukan Karena Lorenzo

Gol indah yang dibuat Suarez ini bermula dari sentuhan kecil de Zeeuw yang mengarahkan bola pada van der Wiel dan langsung mengumpannya pada El Hamdoui. Suarez yang kemudian dapat operan si kulit bundar mengarahkannya ke dalam gawang dengan menggunakan kaki kananya.

Suarez kembali menebar ancaman di babak kedua. Berhasil lolos dari pengawalnya, striker Uruguay itu melepaskan tendangan keras ke arah gawang, namun gol urung tercipta karena bola justru membentur rekannya sendiri.

Memasuki menit 54 Ajax harus bermain dengan 10 orang setelah Andre Ooijer diusir wasit dari lapangan. Kondisi tersebut mampu dimanfaatkan tim tamu dengan mencetak gol yang memperkecil ketinggalan di menit 56 lewat tendangan bebas Valter Birsa.

Dalam posisi cuma diperkuat 10 orang, Ajax sempat dapat acaman kebobolan. Tuan rumah beruntung karena Auxerre gagal memanfaatkan kondisi tersebut dengan maksimal.

Sebaliknya, tim tamu malah harus kehilangan dua pemainnya di lima menit terakhir pertandingan. Mendapat kartu kuning kedua karena dianggap handball, Oliech harus rela di usir wasit di menit 85.

Sementara di menit 90, pemain pengganti Jean Pascal Migno juga harus angkat kaki usai dikartu merah karena dianggap beraski terlalu keras terhadap keputusan wasit.

Susuna Pemain:

Ajax Amsterdam: Maarten Stekelenburg, Jan Vertonghen, Andre Ooijer, Urby Emanuelson, Gregory Van Der Wiel, Demy De Zeeuw, Rasmus Lindgren, Eyong Enoh, Luis Suarez, Mounir El Hamdaoui, Miralem Sulejmani (Oleguer ’60)

AJ Auxerre: Olivier Sorin, Stéphane Grichting, Adama Coulibaly, Dariusz Dudka, Cedric Hengbart, Delvin Ndinga, Benoit Pedretti, Dennis Oliech, Roy Contout (Paul-Georges Ntep de Madiba ’79), Kamel Chafni (Julien Quercia ’65), Valter Birsa ( din / key )

Sumber : http://www.detiksport.com/sepakbola/read/2010/10/20/035751/1469478/73/ajax-ramaikan-persaingan?b99110270


CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 10 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*