Liga Inggris Pekan ini – Misi Spurs Menembus Tembok 10 Tahun

Tottenham Hotspur dalam grafik permainan yang bagus di musim ini. Di akhir pekan ini mereka dihadapkan pada sebuah tantangan berusia hampir 10 tahun, yakni bisa mengalahkan Manchester United.

Berada di peringkat empat saat ini, Tottenham akan menjadi tuan rumah untuk “Setan Merah” sang pimpinan klasemen sementara Liga Inggris, di hari Minggu (16/1/2011).

Spurs punya rekor kandang yang bagus karena baru atu kali kalah, yakni di pekan kedua saat menghadapi Wigan Athletic. Sebaliknya, MU biarpun belum pernah kehilangan poin tapi juga jarang menang tandang. Dari sembilan lawatan sebelumnya mereka baru menang dua kali.

Jika ukurannya rekor kandang-tandang di musim ini, ada peluang bagi Spurs buat memuaskan pendukungnya. Masalahnya, dan itu yang membuat fans mereka sangat penasaran, The Lilywhites teramat sulit mengalahkan MU.

Kali terakhir mereka menekuk pasukan Sir Alex Ferguson adalah pada 19 Mei 2001. Kala itu dua gol Willem Korsten plus Les Ferdinand hanya bisa dibalas satu kali oleh Paul Scholes. Spurs menang 3-1 di White Hart Lane.

Namun, cerita sesudah itu adalah cerita sendu. Dari 23 pertandingan di semua kompetisi (liga, Piala FA dan Piala Liga), Spurs cuma bisa menahan seri MU lima kali, sedangkan 18 lainnya kalah, termasuk dalam lima pertemuan terakhir berturut-turut. Di pertemuan pertama di musm ini, tim besutan Harry Redknapp menyerah 0-2 oleh gol Nemanja Vidic dan Nani.

Baca Juga :  Primadona di Pameran Pembangunan Tapsel 2015

Sebagai bekal mencari kemenangan yang hampir dua dekade tidak pernah diperoleh itu, Rafael van der Vaart dkk dalam 10 laga terakhirnya cuma kalah sekali. Mereka memenangi enam di antaranya, dan tiga kali seri. Hanya saja, kekalahan itu justru ditelan pekan lalu, saat dipukul Everton 1-2 di Goodison Park.

Adapun MU, mereka mulai stabil memimpin kompetisi, menyusul performa tak konsisten rival-rival utama mereka. Dengan 44 poin, mereka dibuntuti Manchester City dengan jarak dua poin, tapi punya dua partai sisa lebih banyak. Di pekan sebelumnya Rio Ferdinand cs menang 2-1 atas Stoke City.

Derby Merseyside

Pertandingan menarik lain di weekend ini adalah derby Merseyside. Everton menjadi tuan rumah untuk Liverpool (16/1). Liverpool akan lebih disoroti karena mereka masih melempem dan saat ini ada di peringkat 13.

Manajer baru Kenny Dalglish tidak memberi impresi awal yang manis sebagai suksesor Roy Hdgson karena selalu kalah dalam dua laga pertamanya. Setelah ditekuk MU 0-1 di Piala FA, tadi malam The Reds dipecundangi Blackpool 1-2.

Di musim ini Liverpool baru satu kali menang di kandang lawannya, tapi kalah sampai delapan kali. Kapten Steven Gerrard juga akan absen karena skorsing dari kartu merah yang diterimanya saat melawan MU akhir pekan lalu.

Sementara itu Chelsea harus memanfaatkan momentum kemenangan telak 7-0 atas Ipswich Town di Piala FA untuk bangkit di level liga. Kemenangan itu akan “menguap” apabila Carlo Ancelotti tak mampu mengatasi Blackburn Rovers hari Sabtu lusa di Stamford Bridge.

Baca Juga :  Motto Kota Padangsidimpuan Salah, Seharusnya ‘Salumpat Saindege’ Bukan 'Bumi Dalihan Natolu'

Arsenal, yang tadi malam kalah 0-1 dari Ipswich di leg pertama semifinal Piala Liga, akan menguji konsistensinya di markas West Ham United (detik.com)

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 11 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*