Lima Desa di Sosa Tunggak Pelunasan Raskin

Palas. Program beras miskin (raskin) dari pemerintah, yang penyalurannya langsung kepada masyarakat di Kabupaten Padang Lawas (Palas) sebanyak empat kali periode dalam setahun, ternyata banyak membantu ekonomi warga kurang mampu. Tapi sayang, lima desa di daerah itu masih menunggak pelunasan raskin.
“Untuk Kecamatan Sosa, jumlah jatah raskin yang diterima sebanyak 87.075 kilogram per periode. Jumlah rumah tangga sasaran penerima manfaat (RTS PM) raskin sebanyak 1.935 keluarga yang tersebar di 38 desa di kecamatan ini,” kata Sudaryono, Kasie Pendapatan Kantor Camat Sosa, kepada MedanBisnis, Selasa (28/7).

Kendati program raskin sangat bermanfaat dan membantu warga masyarakat di daerah ini. Akan tetapi, masih saja ada petugas raskin di tingkat desa yang belum melunasi tunggakan raskinnya. Padahal, setiap RTS PM raskin tetap membayar lunas pembayaran raskin saat membelinya dari petugas di desa.

“Sesuai catatan kami, pada periode kedua penyaluran raskin, yakni bulan mei-juli, masih ada lima desa lagi yang belum melunasi tunggakan raskinnya. Sementara periode ketiga penyaluran raskin sudah dekat waktunya,” kata Sudaryono.

Dikatakannya, sampai berita ini ditulis, jumlah realisasi pembayaran raskin yang sudah diterima sebesar Rp. 120.320.000, atau tercapai sebanyak 86% dari total pembayaran raskin yang dilunasi yakni sebesar Rp. 139.320.000.

“Sampai hari ini, jumlah tunggakan raskin yang belum dilunasi sebesar Rp. 19 juta, menunggu pembayaran dari lima desa lagi,” kata Sudaryono.

Baca Juga :  Memuluskan Rekayasa Manipulasi Perkara: Polres Tapsel Bohongi Pengadilan Negeri Padangsidimpuan

Kelima desa yang masih menunggak pelunasan raskin, ucap Sudaryono, yakni Desa Pasir Jae, Pasir Julu, Hurung Jilok, Sungai Jior dan Desa Sisoma.

Menurut dia, sesuai penjelasan petugas raskin di desa, tertunggaknya pelunasan raskin ke kecamatan disebabkan uang raskin yang sudah ada diduga terpakai oleh petugas raskin di desa.

Sudaryono berharap, agar kelima desa tersebut dapat segera melunasi biaya raskin. Agar penyaluran raskin pada periode mendatang tidak ada masalah lagi. “Bila kelima desa tidak melunasinya, maka kelima desa akan dikenakan sanksi jatah raskinnya akan ditunda,” katanya.


(maulana syafii)-MedanBisnis –

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 6 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*