Lima Langkah Praktis Mengurangi Radiasi Ponsel

Jakarta – Saat ini, ponsel merupakan salah satu perangkat yang setia mendampingi dalam segala aktifitas. Hal itu, tak diragykan lagi bakal membuat kalangan penggunanya bakal terkena paparannya hampir setiap hari.

Dengan adanya laporan yang menunjukkan efek negatif radiasi jangka panjang seperti kanker, mengurangi paparan radiasi menjadi penting. Karena rasanya hampir tidak mungkin kita berhenti menggunakan ponsel pintar, maka berikut adalah beberapa hal yang dapat membantu mengurangi paparannya seperti dilansir laman Aquilastyle.

1. Gunakan pengeras suara atau headset

Menggunakan pengeras suara merupakan cara terbaik dan termudah untuk mengurangi radiasi ponsel di kepala karena jarak sumber radiasi yang lebih jauh, meski mungkin tidak memberi kualitas suara terbaik. Headset merupakan pilihan yang lebih baik jika Anda membutuhkan kejernihan suara.

2. Arahkan antena ke luar

Radiasi ponsel dihasilkan melalui antena yang terletak di dalam ponsel, biasanya di bagian atas belakang. Selalu bawa ponsel Anda dengan layar atau tombol mengarah ke tubuh, untuk memastikan antena mengarah ke luar.

3. Jangan gunakan ponsel di wilayah sinyal lemah

Saat terbaik menggunakan ponsel adalah saat sinyalnya kuat. Karena di wilayah sinyal lemah, ponsel memperkuat usaha pencarian sinyal, yang memperbesar radiasi yang dihasilkan. Saat sinyal lemah, tunggu hingga Anda menemukan wilayah dengan sinyal lebih baik.

4. Berkirim pesan

Baca Juga :  8 Etika di Twitter

Alternatif sederhana ini memastikan ponsel (dan radiasi yang dihasilkan) terletak lebih jauh dari kepala Anda. Dalam situasi tidak mendesak, berkirim pesan sudah cukup dan lebih baik daripada telepon singkat.

5. Jangan gunakan saat dalam perjalanan

Ponsel akan menggandakan usaha pencarian menara atau koneksi terdekat karena posisinya terus berubah saat dalam perjalanan. Ketika ponsel mencari sinyal yang lebih baik, lebih banyak radiasi yang dihasilkan. Usahakan tidak menggunakan ponsel di mobil, bis, maupun moda transportasi lainnya./beritasatu.com

Sumber: Aquilastyle

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 5 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*