Lindu 5,5 Skala Richter Guncang Padang Sidimpuan

TEMPO Interaktif, MedanGempa bumi berkekuatan 5,5 skala Richter pada pukul 03.00 WIB, Kamis, 4 Agustus 2011, mengguncang Kota Padang Sidimpuan, Sumatera Utara. Guncangan lindu juga dirasakan warga Kota Sibolga dan Panyabungan, Kabupaten Mandailing Natal.

Belum ada dilaporkan kerusakan. Sempat terjadi kepanikan warga di Kota Padang Sidimpuan. ”Lumayan hebat guncangannya,” kata Toras saat dihubungi Tempo. Menurut dia, lama guncangan sekitar 30 detik. ”Saat itu masih terdengar tadarusan (orang membaca Al-Quran) dan kegiatan membangunkan warga untuk sahur,” kata penduduk Jalan Abdul Aziz, Kota Padang Sidimpuan, itu.

Seruan sahur, kata Toras, segera berubah menjadi teriakan lalo. ”Lalo lalo…,” ujar Toras menirukan kepanikan warga. Lalo berarti gempa. Saat itu juga warga berhamburan keluar rumah. ”Kami dan tetangga berkumpul di luar rumah,” katanya.

Situs Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika menerangkan bahwa gempa 5,5 skala Richter tepat terjadi pukul 03.02 WIB pada di kedalaman 29 kilometer. Pusat gempa berada di 83 kilometer barat daya Kota Sidimpuan dan 90 kilometer barat daya Kota Sibolga atau 99 kilometer barat laut Kota Panyabungan. Dalam laman lembaga tersebut dinyatakan gempa tidak berpotensi tsunami.

SOETANA MONANG HASIBUAN

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 8 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.
Baca Juga :  Kejatisu Segera Disidangkan Kasus TPAPD Tapsel

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*