Longsor di Lingga Bayu, 5 Meninggal Dunia

(Analisa/sarman a nasution) Evakuasi: Aparat kepolisian dibantu warga berusaha mengevakuasi para korban dari timbunan tanah longsor, dengan alat manual. Satu korban meninggal berhasil di evakuasi.

Panyabungan, Longsor Lingga Bayu Menimbun 9 penambang emas ilegal di tepian Sungai Batang Natal Desa Simarombun Kelurahan Simpang Gambir Kecamatan Lingga Bayu Kabupaten Mandailing Natal (Madina) sekitar pukul 16.30 Wib, Kamis (26/6). Di antaranya 5 orang meninggal dunia.

Kelima penambang emas ilegal yang meninggal dunia yakni Ardi Nasution (16) masih duduk di bangku sekolah, Gunawan Rangkuty (18), Koir (18), Rahmad (18), Mastap (18), sedangkan korban yang selamat yakni Kholid (25), Uddin Nasution, Hera Susanto Lubis (23), dan Dedi (18).

Menurut saksi, Sopian  warga Kelurahan Simpang Gambir, para korban meninggal dunia itu saat berada di dalam lubang tambang emas kedalaman 5 meter kurang lebih, dan ke 4 temannya yang mengalami luka – luka saat mengantre di atas lobang. Pada saat kejadian  itu juga Sungai Batang Natal meluap ke dalam lubang, sementara mesin penghisap air sedang mati, sementara lobang tersebut sudah lama di tinggalkan pemiliknya, cerita Sopian.

Kepala Badan penanggulangan Bencana Daerah Rizfan Zuliardi mengatakan, peristiwa bencana tersebut langsung turun ke lokasi untuk memberikan bantuan kepada korban, setelah satu jam peristiwa korban bisa di keluarkan dalam lobang atas adanya bantuan dari masyarakat, anggota Polri, dan Anggota BPBD Madina, kata Rizfan.

Baca Juga :  Keluhan Masyarakat Padang Bulan di Desa Marsada, Kec. Sipirok Tapsel

Kasat Reskrim Polres Madina AKP Wira saat di konfirmasi Wartawan melalui selulernya mengatakan, hingga sampai saat ini pihak Polres Madina masih terus menyelidiki peristiwa longsor tersebut.

Kelima korban meninggal dunia saat meleles di lubang pendompeng milik Asdan alias Kedan (37) warga Kelurahan Simpang Gambir dan pemilik tanah atas nama Rizal, Sp, hingga sampai saat ini masih diperiksa di Polres Madina, untuk memberikan penjelasan, ungkapnya. (man)/ (Analisa).

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 5 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*