Longsor di Sosopan – Ratusan Hektar Sawah Rusak, Rumah Warga Tak Bisa Lagi Dihuni

PALAS | DNA – Longsor di Desa Sianggunan,dan Desa Hulim Kecamatan Sosopan, Kabupaten Padang Lawas, Sumatera Utara, Senin (22/10/2012) menyebabkan 17 Rumah warga Rusak Parah Dan Ratusan Hektar Sawah juga rusak akibat curah hujan yang tinggi dimalam itu.

Selain menimbun tiga rumah, longsor dari tebing gunung setinggi hampir 100 meter itu juga merusak Dua tempat rumah ibadah dan mengakibatkan satu rumah hanyut terbawa aliran sungai. Tanah longsoran menutupi jalan akses yang menghubungkan Kecamatan Sosopan  dengan wilayah Ibu Kota Padang Lawas Sibuhuan

Kepala Badan Penggulangan Bencana Daerah Kabupaten Padang Lawas, Arpan Nasution  dibantu oleh staffnya serta aparatur yang ada di kecamatan Sodopan mendata Korban bencana Rumah yang terkena Longsor sebnyak 17 Rumah, yakni di desa Sianggunan 10 Rumah, desa Hulim 7 Rumah dan Ratusan hektar sawah gagal Panen yang tersebar di wilayah desa Kecamatan sosopan.

” Melihat kondisi longsoran berupa lumpur setebal lebih dari dua meter dan bongkahan besar Tanah tebing yang menimpa rumah korban, tidak bisa di huni lagi, ” ungkapnya

Sejumlah saksi mata menuturkan, longsor terjadi saat hujan deras turun di Sukanagara. Wilayah itu dalam tiga hari terakhir diguyur hujan lebat selama lebih dari tiga jam per hari.

”Setelah shalat magrib, saya mendengar suara gemuruh yang sangat keras dari arah tebing. Angin kencang seperti puting beliung pun berputar-putar selama lima menit dan membuat akar-akar pepohonan tercerabut. Setelah itu, batu dan lumpur tebing menerjang rumah warga,” tutur Paraduan hasibuan (50), Kepala, Desa Sianggunan. Antara tebing dan rumah warga hanya dibatasi Sungai selebar lima meter.

Baca Juga :  Hore! MA Kabulkan Kasasi Prita Mulyasari

Menurut data yang telah diterima oleh Kaban BPBD Palas  dari Kecamatan Sosopan total 17 desa, 10 desa di antaranya tergolong rawan longsor., sampai sat ini belum ada korban jiwa.

Plt Bupati Padang Lawas Ali Sutan Harahap ( TSO) melalui Kaban BPBD Arpan Nasution mengatakan, untuk mengatasi bencana lonsor di Kecamatan Sosopan , termasuk longsor di desa Sianggunan dan Desa Hulim, pihaknya telah mengalokasikan bantuan berupa 2 Kotak Mi Instan dan 2 sak Beras ukuran 10kg/ KK yang terkena musibah Longsor

Namun, untuk bencana longsor kali ini, belum ada pengungsian bagi korban sebab masih ada rumah warga yang utuh dan bisa ditempati, diharapkan kepada warga terus berhati-hati karena curah hujan sat ini masih cukup tinggi,dan apabila ada bencana longsor harap segera melapor kepada kecamatan dan juga kepada kami langsung agar kita bisa cepat bergerak kelokasi yang dituju.”Untuk tahun 2013 nanti kita telah buat pengajuan Anggaran apabila ada bencana Alam di wilayah Palas,” ujar Arpan. (sam/pal)

Sumber: http://www.dnaberita.com

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 10 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*