LP/Rutan Medan Terbaik Pembinaan Mental dan Keagamaan

Ternyata tidak semua Lembaga Pemasyarakatan ataupun Rumah Tahanan Negara (Rutan) memiliki nilai pembinaan mental dan keagamaan yang sama.

Pasalnya, dari hasil penelitian tim dari Departemen Keagamaan (Depag) pusat mengakui program pembinaan mental dan keagamaan terbaik di Indonesia terdapat di LP/Rutan Sumut khususnya Medan.

Ini dapat dibuktikan tim pembinaan keagamaan di LP/Rutan Sumut dari Yayasan Pendidikan Intensif Agama Islam (YPIAI), memperoleh piagam penghargaan sebagai pembinaan mental dan keagamaan terbaik di Indonesia, dari Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkumham) Patrialis Akbar, ketika berkunjung ke LP/Rutan Medan di Tanjung Gusta, beberapa waktu lalu.

Hal ini ditegaskan Ketua YPIAI Drs H Tahmid Harahap didampingi Kepala LP Klas IA Medan, Samuel Purba, usai menghadiri perayaan Isra’ Miraj Nabi Muhammad SAW tahun 1431, di aula pembinaan agama Islam bagi warga binaan LP Klas IA Medan, Kamis (5/8).

Penghargaan Menkumham tersebut, kata Tahmid, tentu saja sangat membanggakan. Hal itu merupakan kerja keras pihaknya bekerja sama dengan pihak LP/Rutan Medan. “LP Klas IA Medan ini merupakan salah satu perwajahan bagi LP/Rutan di Sumut, bahwa pembinaan mental dan keagamaan di sini dinilai sangat baik,” sebutnya.

Bina Maksimal

Ini juga tidak terlepas dari upaya pimpinan LP yang memang menginginkan pembinaan keagamaan bagi warga binaan harus dimaksimalkan, sehingga diharapkan warga binaan memiliki akhlak mulia dan tidak lagi mau melanggar hukum.

Baca Juga :  Sinode Godang HKBP Ke-63, Ini Harapan dan Sikap Naposo Bulung HKBP

Adanya penghargaan itu, kata Tahmid, pihaknya dan LP akan terus meningkatkan pembinaan lagi bagi warga binaan. Jika dulunya mereka hanya melakukan pembinaan di empat LP/Rutan Tanjung Gusta, Medan, kini sesuai permintaan Kanwil Kemenkumham Sumut, pihaknya juga sudah melakukan pembinaan di 11 LP/Rutan di luar LP/Rutan Tanjung Gusta, Medan, seperti Labuhan Deli, Binjai, Lubuk Pakam, Tanjung Pura, Tebing Tinggi dan lainnya.

Pihak YPIAI dalam pembinaan mental dan keagamaan ini mempersiapkan 56 guru, 16 di antaranya di LP/Rutan Medan. Adapun pembinaan keagamaan yang mereka sampaikan kepada warga binaan itu di antaranya pembinaan akhlak, tata tertib beribadah, hubungan dengan masyarakat (muamalah), pembinaan Alqur’an, belajar mengajar iqra dan lainnya.

Tahmid juga mengatakan, khusus untuk pembacaan Alqur’an, sudah 200-an warga binaan LP/Rutan Medan khataman. “Mudah-mudahan warga binaan lainnya menyusul bisa khataman Alqur’an,” harap Tahmid.

Sumber: http://www.analisadaily.com/index.php?option=com_content&view=article&id=64789:lprutan-medan-terbaik-pembinaan-mental-dan-keagamaan&catid=3:nasional&Itemid=128

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 10 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*