LSI, SMRC dan IPI: Jokowi-JK Menang 52,7% Vs 47,2%

Jakarta – Sejumlah lembaga survei telah hampir merampungkan quick count dan mengumpulkan suara hingga di atas 80 persen responden dan hasilnya pasangan Joko Widodo-Jusuf Kalla menjadi pemenang pemilu presiden. Itulah hasil survei dari Lingkaran Survei Indonesia, SMRC dan Indikator Politik Indonesia. Semua lembaga survei itu menunjukkan Jokowi-Kalla menang atas Prabowo-Hatta dengan angka 52,7 persen versus 47,2 persen.

Keunggulan Jokowi-JK dilihat setelah LSI menggunakan metode exit poll di 2.000 tempat pemungutan suara.

“Jokowi-JK menjadi pemenang versi exit poll di Lingkaran Survei Indonesia,” kata peneliti LSI Rully Akbar, Rabu, 9 Juli 2014. Namun dia menegaskan, pemenang pemilu presiden tetap mengacu pada hitung Komisi Pemilihan Umum.

Rully mengatakan, surveyor LSI mewawancarai empat orang yang baru menggunakan hak pilihnya di tempat pemungutan suara. Total responden exit poll LSI sebanyak 8.000 orang. Hasilnya, pemilih yang mengaku memilih Jokowi-JK sebesar 38,58 persen dan Prabowo Subianto-Hatta Rajasa sebesar 35,98 persen.

Menurut Rully sebanyak 25,44 persen pemilih yang baru keluar dari TPS tak bersedia menyampaikan calon presiden pilihan mereka. Rully menjelaskan, jika mereka yang tidak menjawab dihilangkan maka perolehan suara Jokowi-JK equivalen dengan 51,74 persen. Sedangkan Prabowo-Hatta memperoleh 48,25 persen.

Hasil serupa tampak pada survei Indikator Politik Indonesia. Lembaga survei itu mencatat Prabowo-Hatta meraih 47,24 persen suara dan Jokowi-Kalla 52,76 persen. Jumlah sampel suara yang terkumpul mencapai 80 persen (hingga berita ini diturunkan)

Baca Juga :  Darul Mursyid Bawa 6 Medali KSM Nasional Pontianak

Survei SMRC juga sami mawon. Pasangan Prabowo-Hatta tercatat meraih 47,01% dan Jokowi-Kalla meraih 52,99 persen. Jumlah suara yang terkumpul 77 persen./tempo.co

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 6 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*