LSM ALARM TEMUKAN PERAMBAHAN HUTAN KONSERVASI DI AMPOLU KECAMATAN MUARA BATANG TORU

Muara Batang Toru, apakabarsidimpuan.com.

Pemantauan aktifis LSM Aliansi Rakyat Merdeka (ALARM) di Kecamatan Muara Batang Toru Kabupaten Tapsel, menemukan ratusan Ha kawasan konservasi di dekat Desa Ampolu dirambah para pencuri kayu. Hingga kini belum terlihat upaya penertiban oleh Dinas Kehutanan Kab. Tapsel.

5128168656 d2856869ee LSM ALARM TEMUKAN PERAMBAHAN HUTAN KONSERVASI DI AMPOLU KECAMATAN MUARA BATANG TORU
Aktifis LSM ALARM, Randy Maradholly mengukur alat GPS lokasi perambahan dan pencurian kayu.

Pemantauan LSM ALARM ke lokasi perambahan dalam areal HGU PT. Samukti Karya Lestari (SKL) di dekat Desa Ampolu, menemukan pembukaan jalan dalam kawasan konservasi serta pondok darurat perambah dan tukang chainsaw serta belasan M3 kayu tebangan liar yang digergaji-cincang menjadi kayu olahan.

Pihak management PT. SKL idak berhasil ditemui untuk mengkonfirmasi kasus yang terjadi di dalam areal konsesinya. Kepala Dinas Kehutanan Kabupaten Tapsel, Ir Syahgiman Siregar, MM beberapa kali hendak ditemui ke kantornya, selalu terima jawaban dari stafnya bahwa Pak Kadis sibuk urusan keluar kota.

Sebaliknya, Kabid Perlindungan dan Pengamanan Hutan Dishutkab Tapsel, Drs. Jimmy Harahap, MM malah mengungkap ketidakberesan yang terjadi di kantornya.

“Kami dari Bidang yang berwenang dan bertanggungjawab dalam urusan pengamanan hutan di Kab Tapsel, selalu dihalangi dan sudah bertahun-tahun tidak pernah dikasi Surat Perintah Tugas (SPT) untuk memeriksa dan mengamankan kawasan hutan”, ketus Kabid {Pengamanan Hutan Jimmy Harahap pada ALARM.

Lebih jauh Kabid Pengamanan Hutan Kab Tapsel tersebut menuturkan, “Sejak tahun 2009, ratusan rupiah dana operasional pengamanan hutan yang dianggarkan APBD Pemkab Tapsel tidak dicairkan untuk operasional pengamanan hutan. Yang pernah diterima Cuma dana Rp. 30 juta untuk pengurusan perpanjangan izin senpi”, papar Kabid Pengamanan Hutan tersebut.

Kasus perambahan hutan konservasi dan penebangan liar dan pencurian kayu di kawasan hutan konservasi di Desa Ampolu masih terus berlangsung hingga kini. Sementara ketegasan Kadishut Ir Syahgiman Siregar menyikapi dan menindak belum terlihat. (ArM)

This content is 7 years old. Please, read this content keeping its age in Mind
SHARE : facebook LSM ALARM TEMUKAN PERAMBAHAN HUTAN KONSERVASI DI AMPOLU KECAMATAN MUARA BATANG TORUgoogle LSM ALARM TEMUKAN PERAMBAHAN HUTAN KONSERVASI DI AMPOLU KECAMATAN MUARA BATANG TORUtwitter LSM ALARM TEMUKAN PERAMBAHAN HUTAN KONSERVASI DI AMPOLU KECAMATAN MUARA BATANG TORUlinkedin LSM ALARM TEMUKAN PERAMBAHAN HUTAN KONSERVASI DI AMPOLU KECAMATAN MUARA BATANG TORUemail LSM ALARM TEMUKAN PERAMBAHAN HUTAN KONSERVASI DI AMPOLU KECAMATAN MUARA BATANG TORUprint LSM ALARM TEMUKAN PERAMBAHAN HUTAN KONSERVASI DI AMPOLU KECAMATAN MUARA BATANG TORU

1 Comment

  1. memang benar apa yang dipantau oleh LSM ALARM,Dalam melaksanakan penggunaan izin IPK PT Samukti Karya Lestari yang terletak di kecamatan Batang Toru Desa Ampolu diduga meyalahi izin pembukaan lahan dan perambahan hutan konservasi, dalam hal ini pemda tingkat I maupun Pemda Tikat II tutup mata dengan permasalahan ini, terindikasi ada orang dalam yang membacup ini, dan mungkin ini sebagai angin lalu saja… jika sudah lawan PT, pasti kita tahu hasilnya…pasti berlalu saja..jika hepeng yang mangatur….

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*