LTI Palas : Proyek Dekat Rumah Dinas Bupati Sudah Rusak

Damro S memperlihatkan ruas jalan Pejuang yang rusak, Senin (25/5/2015).

AKS – Palas, Lembaga Tipikor Indonesia (LTI) Kabupaten Padang Lawas (Palas) menyoroti paket proyek pembangunan Jalan Pejuang Kelurahan Pasar Sibuhuan, Kecamatan Barumun Kabupaten Palas yang lokasinya berada dekat rumah dinas Bupati Palas Ali Sutan Harahap, karena jalan tersebut sudah rusak. Padahal pembangunan jalan tersebut merupakan paket proyek tahun 2014, yang baru selesai dikerjakan CV ANWAR MAS pada akhir Desember yang lalu.

LTI Palas juga mengaku heran dengan keberadaan proyek tersebut yang lokasi tidak begitu jauh dari rumah dinas Bupati Palas, dan Bupati Palas diketahui belum pernah menyorotinya ataupun melakukan tinjauan lapangan. Biaya Bupati Palas sangat respon terhadap permasalahan proyek amburadul dan cepat rusak.

“Anehnya, walau jalan tersebut dekat rumah dinas Bupati, Bupati Palas diketahui belum pernah menyoroti atau meninjau jalan tersebut. Karena dari tahun-tahun sebelumnya, Bupati Palas sangat kritis terhadap kualitas proyek rendah atau baru dikerjakan sudah rusak. Misalnya pada proyek pembangunan Jalan Simpang SMAN 1 Barumun – Sibuhuan Julu, Bupati Palas sangat marah besar pada saat melakukan peninjauan lapangan proyek tersebut, yang juga dekat rumah dinas Bupati yang jaraknya kurang lebih 100 meter,” ungkap Koordinator Tim Investigasi LTI Palas Damro S kepada Beritasumut.com, Senin (25/5/2015).

Damro yang juga warga sekitar, menyampaikan bahwa pihaknya juga sudah pernah mempublikasikan proyek tersebut di media massa, akan tetapi respon dari instansi terkait (Dinas PU Palas) atau rekanan tidak ada sama sekali, karena sampai saat ini perbaikan jalan tersebut tidak kunjung ada. Katanya lagi, yang mana dalam pemberitaan, pihak PU Palas menyampaikan akan meminta pihak rekanan untuk melakukan perbaikan dengan dalih proyek tersebut masih dalam tahap pemeliharaan.

Baca Juga :  Jokowi: "Enjoy Jakarta", "Enjoy" di Mana?

Pihak PU Palas yang dicoba dikonfirmasi, antaralain Kabid Bina Marga Fahruddin Harahap tidak berhasil dijumpai, menurut rekannya dia sedang berada di Medan. Begitu juga pada saat dihubung melalui telepon seluler, tetapi tidak diangkat, dan SMS juga tidak dibalas.

Terpisah, anggota DPRD Palas Syaiful Bahri yang diminta tanggapannya sebagai anggota DPRD Palas dari Dapil 1 (Kecamatan Barumun dan Kecamatan Barumun Selatan) mengatakan sangat mendukung pemberitaan proyek-proyek yang bermasalah. Dan sebutnya, bahwa komisi yang membidangi Dinas PU adalah Komisi C.

“Cocok itu (diberitakan,red), proyek siapapun nggak perlu itu, Komisi yang membidanginya adalah Komisi C. Ketuanya Hamidi Pasaribu, wakilnya Julpan Hadi. Cobalah hubungi dia (Hamidi Pasaribu,red), kalau kita masalah Hukum dan Pemerintahan,” kata politisi Partai Gerindra itu yang juga Wakil Ketua Komisi A DPRD Palas.

Sedangkan Hamidi Pasaribu yang akan diminta tanggapannya, tidak berhasil dijumpai. Menurut rekan-rekannya sesama anggota DPRD Palas, masuk kantor dan kemudian jarang masuk kantor. (BS-032)


Sahat Gemayel

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 5 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*