Facebook Tidak Ditutup, Justru Akan Merambah ke Ponsel

Beberapa waktu lalu sempat beredar kabar “burung gagak” bahwa facebook akan ditutup pada bulan Maret tahun ini. Entah dari mana datangnya rumor atau hoax itu, yang jelas berita yang layak diragukan tersebut sempat membuat pengguna facebook panik dan bertanya-tanya. Alasan penutupan itu pun terdengar lucu, bahwa Mark Zuckerberg pemilik facebook akan segera menikah dan menginginkan hubungan antarmanusia kembali seperti semula atau saling bertemu dan “bersentuhan” secara nyata. Ditambahkan pula bahwa Si Mark ini karena sudah sangat kaya sehingga tidak memerlukan uang lagi.  Hanya orang tidak waras mungkin yang akan menutup perusahaan bernilai ratusan milyar dollar. Hahahaha…
1296086116502755262 Facebook Tidak Ditutup, Justru Akan Merambah ke PonselFacebook, perusahaan bernilai ratusan milyar dollar (Sumber gambar: redmondpie)

Kali ini saya tidak ingin membahas kabar yang saya namakan kabar burung gagak itu tapi ada kabar lain tentang facebook yang lebih masuk akal. Setelah beberapa kali menjadi rumor bahwa akan ada facebook phone, sepertinya hal itu akan menjadi kenyataan dalam waktu dekat. Kabar ini sempat beberapa kali ditampik kebenarannya, namun menurut City A.M. facebook yang bekerja sama dengan pabrik telepon ternama dari Taiwan, HTC, akan mengeluarkan facebook phone. Dan tidak tanggung-tanggung, akan ada dua jenis telepon. Kabarnya telepon facebook ini akan diluncurkan bulan Februari 2011 pada saat Mobile World Congress di Barcelona.

Berita ini lebih masuk akal karena dengan pengguna facebook yang sudah sekitar 600 juta umat, siapa yang tidak tergiur untuk memberdayakan komunitas sebesar itu. Mark Zuckerberg akhirnya terjun juga ke persaingan gadget. Telepon yang belum jelas akan dinamai facebook phone atau tidak ini akan menggunakan operating system Android milik Google. Dan orang-orang yang ada di belakang telepon ini di antaranya Joe Hewitt (bekerja untuk Firefox) yang telah sukses membuat aplikasi Facebook khusus untuk iPhone. Seperti kita ketahui Facebook versi iPhone adalah yang pertama  kali sangat lengkap dan khusus dibuat oleh Facebook untuk versi mobile. Meskipun beberapa waktu lalu akhirnya Facebook versi Android dibuat selengkap yang versi iPhone.

Baca Juga :  Hacker China Curi Dokumen Rahasia Korsel

12960858981252847836 Facebook Tidak Ditutup, Justru Akan Merambah ke PonselSelain Hewitt, orang yang berada di balik FB phone ini adalah Matthew Papakipos, anggota ternama dari tim sukses Google Chrome. FB phone ini akan seperti apa masih belum jelas tetapi paling tidak telepon ini akan memudahkan penggunanya berinteraksi dalam jejaring sosial, Facebook khususnya. Kemungkinan facebook dan notifikasi pesan serta berita akan berada di layar depan (homescreen) dari telepon ini.

Salah satu bentuk Facebook Phone yang dulu sempat beredar

Telepon genggam yang akan berada dalam kelompok high-end ini akan bersaing dengan smartphone lain yang sudah dan akan beredar di pasaran. Dengan orang-orang ternama di balik peluncurannya apakah telepon ini akan sesukses facebook sendiri?

Sumber: City A.M. –

Oleh: Didik Djunaedi – kompasiana.com/didik_djunaedi

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 12 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*