Lulusan SMA bakal Diterima CPNS di Pemko Padangsidimpuan

www.metrosiantar.com

smile Lulusan SMA bakal Diterima CPNS di Pemko Padangsidimpuan SIDIMPUAN-METRO; Ada kabar gembira bagi lulusan SMA sederajat yang ingin menjadi calon pegawai negeri sipil (CPNS). Pemko Padangsidimpuan (Psp) dan Pemkab Tapanuli Selatan (Tapsel) dalam waktu dekat akan mengajukan kepada pemerintah pusat untuk penerimaan CPNS bagi lulusan SMA, SMK dan madrasah aliyah (MA). Ini juga sesuai petunjuk dari pusat.

“Tahun 2010 ini, Pemko akan mengusulkan CPNS dari SMA. Apalagi sesuai petunjuk dari pusat, yakni 10 persen dai usulan tersebut adalah untuk jurusan SMA,” kata Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Psp, Asli Rangkuti melalui Kabid Perencanaan dan Penerimaan Pegawai (Penram), Afdal kepada METRO, Jumat (26/3).

Diutarakan Afdal, hingga saat ini pihaknya masih melakukan analisis data beban kerja setiap satuan kerja perangkat daerah (SKPD) di Psp, jurusan apa saja yang paling dibutuhkan tahun 2010, serta berapa jumlah PNS yang sudah dan akan memasuki masa pensiun untuk dipersiapkan formasinya.

“Kita belum ada petunjuk lebih lanjut dari pusat bagaimana tekhnisnya. Hanya saja saat ini kita sedang persiapan dan melakukan pendataan di setiap SKPD agar nantinya lebih mudah dalam pengusulan sesuai dengan analisi beban kerja, jurusan dan lain sebagainya. Dari sekitar 5.500 PNS di Psp saat ini, ditambah penerimaan tahun lalu sekitar 400-an CPNS, maka perlu pendataan dan analisis yang tepat untuk mengetahui formasi apa saja yang dibutuhkan di Pemko Psp,” ujar Afdal.

Baca Juga :  Kinerja Tak Jelas, Bubarkan Pansus Sanggumpal Bonang

Lebih Banyak dari Tahun Lalu

Senada dikatakan Kepala BKD Tapsel Aswad Daulay SH MH melalui Kabid Perencanaan dan Penram, Drs Raja Nasution MSi.

“Saat ini kita sedang melakukan pendataan sesuai dengan analisis beban kerja di setiap SKPD. Hanya saja untuk penerimaan tahun ini, kemungkinan jauh lebih banyak dibandingkan tahun 2009 lalu yang hanya sebanyak 45 CPNS. Jumlah PNS di Tapsel sekarang sekitar 6 ribuan,” ujar Nasution, Jumat (26/3).

Diutarakannya, tahun 2010, sebanyak 10 persen dari jumlah yang diajukan adalah untuk formasi lulusan SMA sederajat. “Tahun ini 10 persen dari yang diusulkan itu harus ada formasi SMA sederajat. Makanya kemungkinan tahun ini akan lebih banyak yang diterima ketimbang tahun lalu. Untuk sekedar gambaran mungkin beberapa minggu lagi sudah bisa kita ketahui,” jelasnya.

Ketika ditanya kapan usulan dari daerah di sampaikan ke pusat, Nasution mengaku belum mengetahui pasti. “Usulan itu terlebih dahulu akan dibawa ke Medan kemudian ke Jakarta. Setelah itu baru diketahui berapa usulan yang akan disetujui oleh pusat. Dan jumlah itulah yang nantinya akan diumumkan untuk penerimaan,” ungkapnya.

“Kalau usulan bulan ini juga bisa, tapi setiap daerah itu diwajibkan untuk benar-benar melakukan pendataan formasi yang diusulkan. Makanya kita harus benar-benar melakukan pendataan. Yang jelas untuk formasi SMA sederajat ada sesuai dengan petunjuk dari pusat, jika tidak ada perubahan lagi,” pungkasnya.

Baca Juga :  PERNYATAAN SIKAP (Press Release) Forum Komunikasi Korban SK Menhut N0. 244/Menhut-II/2011 Desa Simpang Tolang dan Janji Mauli Kec Sipirok Kab. Tapanuli Selatan

BKD Madina masih Mendata

Sementara itu Kepala BKD Madina Asrul Daulay AP ditemui METRO di kantornya, kemarin (26/3) mengatakan, BKD Madina telah menerima surat dari Men-PAN pada Pebruari 2010 untuk mengajukan data CPNS yang akan direkrut kembali. Namun hingga saat ini Pemkab melalui BKD belum mengajukan permohonan untuk penambahan CPNS tersebut, mengingat proses pendataannya sedang berjalan di Pemkab Madina.

“Hingga saat ini kita masih melakukan pendataan berapa jumlah tenaga yang dibutuhkan oleh Pemkab Madina untuk formasi CPNS tahun 2010. Tapi mungkin tak akan lama lagi kita akan mengajukan data tersebut,” ujar Asrul. (phn/mag-02)

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 10 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*