Lumpuhnya jaringan Indosat karena aksi ‘pembajakan’?

Merdeka.com – Tentu saja, masalah jaringan Indosat yang mengalami kendala mulai tadi malam sampai hari ini (03/04), membuat banyak pelanggannya kecewa . Pihak Indosat sampai sekarang masih belum menginformasikan secara resmi apa yang menyebabkan layanan dan jaringan mereka terganggu.

Dalam account Twitter resmi Indosat, @IndosatCare , mereka menjelaskan bahwa saat ini sedang ada proses pemeliharaan layanan dan semua pelanggan diharapkan bersabar serta menunggu informasi lebih lanjut, minimal 4 jam ke depan.

Dengan tidak ada kejelasan dari pihak Indosat itulah beragam spekulasi bermunculan dari para pelanggan sampai pihak-pihak lain. Namun, mengutip lansiran dari The Register (03/04), sebuah firma internet melalui website resminya yang bernama Bgpmon.net menuliskan di Twitternya bahwa sistem jaringan Indosat ‘menerobos’ prefiks 415.652 IP.

‘Pembajakan atau penerobosan’ IP tersebut mengakibatkan 320,349 prefiks lainnya terganggu. Bahkan beberapa dari prefiks IP tersebut adalah milik perusahaan besar seperti Apple, Telia, NTT sampai Akamai.

Tidak hanya berimbas pada prefiks yang dimiliki perusahaan besar dan pelanggannya di Indonesia, imbas dari ‘pembajakan’ jaringan tersebut juga mengenai sebagian besar pengguna internet dan jaringan di Thailand.

Sayangnya, belum ada klarifikasi resmi dari pihak Indosat mengenai hal ini. Bahkan website resmi Indosat pun sangat sulit untuk diakses secara normal.

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 8 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.
Baca Juga :  Harga Bawang Putih Turun Drastis

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*