Lurah Dilelang, Kini Warga Puas Kinerja Kelurahan

Suasana tes seleksi lelang jabatan untuk lurah dan camat tahap kedua di Mabes Polri, Jakarta, Selasa (7/5). Ujian kompetensi tahap satu sudah diadakan pada 27-28 April yang lalu. TEMPO/Eko Siswono Toyudho

TEMPO.CO, Jakarta -Tampaknya usaha Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo memperbaiki birokrasi di Kelurahan lewat lelang jabatan berhasil. Pasalnya, sejumlah warga menilai layanan masyarakat di kantor Kelurahan lebih baik sekarang dibanding sebelumnya.

Salah satu yang menilai pelayanan kelurahan lebih baik adalah Ahmad (56), warga Jalan Pegangsaan II RT 02/03. Ia berkata, pelayanan di Kelurahan Pegangsaan, Jakarta Utara lebih baik karena buka lebih awal dan tepat waktu pula.

“Menurut saya lebih bagus sekarang,  karena bukanya dari pagi jam 8. Sebelumnya itu buka jam 08.30,” ujar Ahmad ketika ditemui di kantor kelurahan, Senin, 26 Agustus 2013.

Hal senada diucapkan oleh Siti Patehatun (43), warga Bangun Cipta Sarana Gang L RT 05/05, Pegangsaan, Jakarta Utara. Ia memuji layanan pembuatan KTP yang lebih cepat dibanding sebelumnya.

“Dulu ngurus KTP bisa satu minggu baru selesai. Sekarang, sehari sudah bisa selesai, pokoknya nggak lelet,”ujar Siti menegaskan.

Sebelumnya, Lurah Pegangsaan Didit Mulyadi mengatakan bahwa baiknya pelayanan saat ini tak lepas dari upaya mengajarkan pegawai kelurahan akan pelayanan yang baik. Ia berkata, hal itu dilakukannya tiap pagi.

Baca Juga :  ICW sebut Ketua DPR Setya Novanto terlibat banyak kasus korupsi

“Saya pagi-pagi sudah kasih contoh ke lain. Misalnya saya sampai kantor jam 06.30, pegawai yang telat akan malu,”ujar Didit melengkapi.

Soal pelayanan KTP yang lebih cepat, ia beranggapan karena data yang masuk sekarang sudah terhubung ke catatan sipil secara online. “NIK-nya sudah terakreditasi ke komputer. Sebenarnya, asal prasyarat lengkap, proses sehari juga selesai,” ujar Didit sambil berkata per hari ada 15-25 pemohon KTP.

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 7 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*