Lurah Pungli Masyarakat

Ass,, wr,wb..
saya mau bertanya kepada bapak, bagaimana caranya supaya Lurah kami di kelurahan bt.ayumi jae tidak melakukan pungli lagi kepada masyarakat,, karena setiap pengurusan surat pengantar atau surat lainnya selalu kena biaya,,, (biaya selalu di patok lurah antara 15rb sampai 50rb dan bahkan ada yang 200rb) dan bagaimana cara melaporkan hal tersebut kepada Bapak walikota padangsidimpuan. thnks.

Dari: rury
Alamat : jl.stn.m.arif no.27
Kota : padangsidimpuan
Kota : sumatera utara
No Telp/HP : 085262116xxx

—————————————————————————-

JAWABAN ATAS KONSULTASI ANDA:

Pak rury Yth,
Pungli alias pungutan liar biasanya timbul dan disebabkan oleh 2(Dua) hal yaitu atas keinginan pemberi atau karena diminta oleh sang pejabat. Dalam masalah yang Sdr sampaikan kami menangkapnya bahwa pungli itu bersumber dari Lurah (kelurahan).

Jika hal itu memang aktual dan factual terjadi ketika sdr/ masyarakat mengurus administrasi kependudukan, yang perlu sdr dilakukan adalah :

  1. sdr/masyarakat harus konsisten untuk tidak memberikan sesuatu khususnya sejumlah uang sepanjang tidak ada ketentuan yang mengatur pungutan tersebut.
  2. Jika pejabat kelurahan tetap untuk meminta uang, usahakan supaya ada tanda terimanya.
  3. Jika sdr tidak diberikan tanda terima dan dasar tagihan tersebut tidak ada dasar hukumnya, silahkan sdr laporkan secara tertulis kepada pejabat yang berwenang semisal ke walikota, kejaksaan, LSM dan media cetak. Sebaiknya sdr menyampaikan laporan/pengaduan disertai beberapa orang saksi korban lainnya yang mengalami hal yang sama supaya ada kekuatan hukumnya.
Baca Juga :  Klinik dan Apotik Paluta Wajib Punya Izin ...!

Terimakasih. (Bangun Siregar, SH.)

KONSULTASIKAN PERMASALAHAN HUKUM ANDA !
www.apakabarsidimpuan.com bekerjasama dengan Law Firm Bangun, Saminoto & Partners, yaitu Advokat / Pengacara Bangun Siregar, SH. Siap melayani Konsultasi Permasalahan Hukum yang anda hadapi secara ONLINE dan tentunya GRATIS;

SILAHKAN KIRIMKAN PERMASALAHAN ANDA MELALUI FORM DISEBELAH —

Isi dari surat anda sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak untuk tidak menampilkan-nya jika dianggap tidak jelas, tidak etis dan berbau SARA

PERHATIAN: Semua kotak isian (field) harus diisi!

[contact-form 1 “KOSULTASI”]


CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 9 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*