Madina dan Tapteng berpeluang curah hujan

hujan Madina dan Tapteng berpeluang curah hujan
Madina dan Tapteng berpeluang curah hujan

WASPADA ONLINE

MEDAN – Pantai barat Sumatera Utara seperti Mandailing Natal (Madina) dan Tapanuli Tengah (Tepteng), masih berpeluang hujan dan longsor hingga Pebruari 2010.

Masalahnya, angin timur laut masih kencang berhembus ke kawasan pantai barat Sumatera Utara, sehingga pumpunan awan yang membentuk hujan juga mengarah ke kawasan itu.

“Saya mengimbau masyarakat disana tidak lengah dengan kondisi sekarang, hujan dan longsor masih akan terjadi hingga Pebruari mendatang,” kata kepala data dan informasi pada BMKG Wilayah I stasiun Bandara Polonia Medan, Firman, tadi malam.

Dikatakan, disamping kondisi cuaca di pantai barat, di kawasan pergunungan pantai timur Sumatera Utara seperti Tanah Karo juga masih meningkat curah hujan dalam minggu-minggu ke depan.

Kondisi cuaca saat ini, katanya, menyebabkan tinggi gelombang laut di kawasan perairan Kepulauan Riau meningkat menjadi antara 2,5 hingga 3 meter.

Demikian juga pesisir barat Sumatera bagian utara baik di Madina, Tapteng hingga ke Sabang Aceh tinggi gelombang antara 2 hinga 2,5 meter. Namun gelombang laut yang terparah termasuk di Kepulauan Riau.

Menurutnya, hujan yang terjadi di Sumatera Utara dan Medan pada umumnya mempunyai dua parameter. Pada Januari 2009, masih dipengaruhi faktor adanya angin musim timur laut yang berhembus ke kawasan Sumatera Utara dan Medan pada umumnya.

Misalnya, kalau pusat-pusat tekanan rendah dan badai tropis di Pulau Jawa aktif, menyebabkan kawasan Sumatera Utara adanya udara cerah dan semakin sedikit curah hujan, awan tertarik kesana.

Kalau di Pulau Jawa tekanan rendah tidak aktif, pumpunan awan membentuk hujan atau desakan angin timur laut ke kawasan Sumatera Utara, menyebabkan curah hujan disini meningkat.

“Ada dua para meter yang selama ini menentukan kondisi cuaca di Sumatera Utara,” katanya.

Begitupun ke depan masih akan berlangsung hujan dan longsor di pantai barat. Masyarakat disana diingatkan tidak lengah dengan kondisi cuaca saat ini.
(dat03/waspada)

POST ARCHIVE: This content is 8 years old. Please, read this content keeping its age in Mind
google Madina dan Tapteng berpeluang curah hujanfacebook Madina dan Tapteng berpeluang curah hujantwitter Madina dan Tapteng berpeluang curah hujanlinkedin Madina dan Tapteng berpeluang curah hujanemail Madina dan Tapteng berpeluang curah hujanprint Madina dan Tapteng berpeluang curah hujan

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*