Madina Terisolasi

8 Des 2009 – www.medanbisnis.com
MedanBisnis – Panyabungan
Curah hujan yang terus mengguyur Kabupaten Mandailing Natal (Madina) dalam beberapa minggu terakhir mengakibatkan tanah longsor dan memutuskan jalan antara Kecamatan Muara Sipongi menuju Kecamatan Pakantan, Senin (7/12) sore.

Akibatnya, delapan desa di Kecamatan Pakantan menjadi terisolir dan akses masyarakat ke luar, terputus. Tanah longsor itu terdapat pada empat titik terdapat pada Kecamatan Muara Sipongi dan empat titik lagi di Pakantan.

“Daerah dua kecamatan ini memang rawan longsor karena lokasi yang perbukitan dan sangat labil, apalagi kalau hujan turun. Sudah menjadi langganan bagi warga Pakantan sebagai kecamatan paling ujung dengan kondisi sepanjang jalan menuju ke kecamatan ini perbukitan, sehingga sering terjadi longsor,” ujar Sahruddin Lintang, warga setempat kepada MedanBisnis, Selasa (8/12).

Dikatakannya, dampak dari terputusnya akses jalan tersebut membuat perekonomian masyarakat ikut terputus dan menyulitkan masyarakat untuk menjual hasil perkebunan, yang pada umumnya menjadi penghasilan utama untuk menghidupi keluarga.

Warga lain Harun Nasution menambahkan, longsor yang terjadi pada Senin sore memutuskan arus lalulintas, terutama untuk kenderaan roda empat.

Padahal menurutnya, jalan kabupaten ini sudah sering dilakukan pengikisan badan jalan yang berbukit.
“Jalan menuju Pakantan memang sangat curam dan berbukit, ditambah kondisi tanahnya merah bercampur pasir yang memungkinkan sangat rawan terjadi longsor.

Apalagi pada musim penghujan seperti sekarang ini. Karena itu kita tidak bosan – bosannya berharap kepada Pemkab Madina melalui Dinas PU Pertambangan untuk terus melakukan perbaikan dan pelebaran jalan agar terhindar dari bencana tanah longsor seperti sekarang ini,” harapnya. (zamharir rangkuti)

POST ARCHIVE: This content is 8 years old. Please, read this content keeping its age in Mind
google Madina Terisolasifacebook Madina Terisolasitwitter Madina Terisolasilinkedin Madina Terisolasiemail Madina Terisolasiprint Madina Terisolasi

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*