Mafia Pengemis Anak-anak akan Ditindak Tegas

Kementerian Sosial akan menindak tegas siapa saja yang memanfaatkan anak-anak menjadi pengemis. Untuk itu, Kemensos bekerja sama dengan jajaran penegak hukum guna memberantas mafia pengemis yang sering memanfaatkan anak-anak.

Hal itu diungkapkan oleh Mentri Sosial, Salim Segaf, usai pelepasan ‘Ekspedisi Kesra Nusantara’ di Markas Komando Lintas Militer, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Minggu (7/8/2011).

“Kalau ada yang memanfaatkan seperti mafia pengemis atau ibu-ibu yang membawa anaknya untuk mengemis, akan ditindak sesuai peraturan berlaku,” ujar Salim.

Salim juga menyatakan, Kemensos telah bekerja sama dengan pihak kepolisian untuk memberantas mafia tersebut. “Soal bentuk hukumannya seperti apa, kita serahkan saja kepada lembaga penegak hukum dan Kepolisian,” ujarnya.

Salim pun memastikan, bahwa anak-anak jalanan yang masih beredar di jalanan selama bulan Ramadhan, tidak akan terkena razia. Ia menjelaskan, untuk mencegah kembalinya pengemis dari kalangan anak jalanan, haruslah dilakukan pendekatan persuasif.

“Kalau merazia, kita melanggar hak anak. Jadi, kita akan lakukan pendekatan persuasif dan Kemensos sudah menyiapkan relawan sosial yang profesional dalam menangani hal ini,” jelas kader PKS ini.

Apakah hal ini akan dilakukan selama Ramadhan saja?

“Diharapkan, ke depannya akan terus berlaku seperti ini,” jawab Salim

detik.com

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 11 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.
Baca Juga :  Ini Alasan Bill Gates Mau Menyumbang buat Indonesia

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*