Mahasiswa asal Palas Minta Bupati Ditangkap

jangandiam Mahasiswa asal Palas Minta Bupati Ditangkap Puluhan mahasiswa yang tergabung dalam Gerakan Mahasiswa Padang Lawas (Palas) dan Ikatan Mahasiswa Sosa sekitarnya (IMSS) meminta kepada Kejaksaan Tinggi (Kejati) Sumut untuk memeriksa dan menangkap Bupati Palas Basyrah Lubis dan kroninya.

“Tangkap Bupati Palas dan kroninya karena mereka telah menjadikan Palas sebagai lahan korupsi,” demikian orasi disampaikan massa dalam aksi demo di depan Gedung Kejatisu, Senin (10/5). Dalam aksinya, massa juga membawa berbagai poster berisi desakan kepada kepolisian, kejaksaan dan KPK untuk menuntaskan kasus dugaan korupsi di Palas.

Pimpinan Aksi M Iqbal Siregar mengatakan, sejumlah kasus korupsi di antaranya bersumber pada APBD tahun 2009 dalam pengadaan sarana dan prasana kantor pemerintahan Kabupaten Palas, senilai Rp 6,7 miliar.

Selain dugaan penyimpangan APBD tahun 2009 lanjut M Iqbal Siregar, yakni proyek multi years dari APBN senilai Rp 216 miliar. “Padahal, agenda proyek itu tidak pernah ada. Bahkan tidak pernah terdaftar di Kementian Keuangan,” tutur M Iqbal Siregar.

Selain dugaan korupsi, massa juga menyampaikan dugaan penyelewengan pengangkatan Sekretaris Desa (Sekdes) menjadi PNS yang sarat dengan rekayasa dan pemalsuan. “Kami minta, Kejatisu, Kepolisan dan KPK untuk turun ke Palas,” pinta M Iqbal Siregar.

Massa juga menyampaikan agar Mendari dan Badan Kepegawaian Nasional (BKN) untuk mencabut kembali pengangkatan Sekdes menjadi PNS karena dinilai cacat hukum. “Kami juga meminta Menteri Keuangan agar memeriksa proyek dan kucuran dana dari pusat untuk palas, karena diduga adanya rekayasa dan pemalsuan, karena kondisinya tidak sesuai dengan tingkat kebutuhan dilapangan,” paparnya.

Baca Juga :  9 Formasi CPNS Pemkab Tapanuli Selatan Kosong Pelamar

Sementara, Kasipenkum/Humas Kejatisu Edy Irsan Tarigan kepada massa menyampaikan aspirasi yang disampaikan akan dilengkapi untuk ditindak lanjuti . “Semua aspirasi akan disampaikan kepada pimpinan,” kata Edy Irsan Tarigan.

————————————–

Mahasiswa desak Kejatisu tangkap bupati Palas
MEDAN – Puluhan mahasiswa, Senin (10/5) berujukrasa ke kantor Kejaksaan Tinggi Sumatera Utara (Kejatisu), jalan Abdul Haris Nasution Medan.

Mahasiswai ini, mendesak segera ditangkapnya bupati Padang Lawas (Palas), Basyrah Lubis, yang diduga kuat telah melakukan korupsi senilai 6,7 miliar rupiah dari anggaran pembangunan kantor pemerintahan dan pengangkatan sekretaris desa menjadi pegawai negeri sipil.

Mahasiswa yang tergabung dalam gerakan mahasiswa padang lawas dan ikatan mahasiswa sosa sekitarnya, mendatangi kantor Kejatisu dengan mengusung berbagai poster dan spanduk, berisi kecaman terhadap Basyrah Lubis selaku pelaksana pejabat bupati, dituding telah menyalahi wewenang.

Dalam orasinya, mahasiswa secara gamblang mengungkapkan dugaan korupsi itu meliputi dana pembangunan kantor pemerintahan beserta prasarananya untuk anggaran APBN yang dikucurkan pada tahun 2009 senilai Rp6,7 miliar, sebagai dana awal.

Namun dana itu baru dicairkan pada Februrai 2010 oleh pejabat kadis pu bersama kabid anggaran kepada pimpinan PT Bungo Pantai Bersaudara selaku kontraktornya.

Selain itu, bentuk korupsi lainnya berupa pengangkatan sekdes yang dituding cacat hukum karena telah melanggar PP nomor 45 tahun 2007. Ditambah lagi, adanya dugaan pemungutan dana kepada para sekdes yang telah ditetapkan sebagai CPNS.

Baca Juga :  Masyarakat Angkola Timur Tuntut Janji Pemimpin Tapsel

Kepada Waspada Online, Edi Harahap selaku koordinator aksi, Senin (10/5) mengatakan, selain mendesak kejatisu dan seluruh aparat penegak hukum di Sumatera Utara untuk mengusut kasus tersebut, rencananya mahasiswa juga akan melaporkan kasus dugaan korupsi ini ke KPK dan satgas pemberantasan mafia hukum.

Karena sebelumnya kasus yang sudah ditangani kejari Padang Sidimpuan ini terkesan berjalan di tempat. Aksi ini diakhiri mahasiswa dengan menyerahkan berkas dugaan korupsi yang dikumpulkan Mahasiswa, untuk segera ditindaklanjuti pihak kejaksaan

Sumber: http://www.waspada.co.id/index.php?option=com_content&view=article&id=112979:mahasiswa-desak-kejatisu-tangkap-bupati-palas&catid=59:kriminal-a-hukum&Itemid=91

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 11 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*